Lewat LKS, SMK Negeri Lubuklinggau 1 Ciptakan Pemimpin

 690 total views,  2 views today

Panitia Pelaksana LKS SMK N 1 Lubuklinggau saat apel pagi. | Dok KS

Panitia Pelaksana LKS SMK N 1 Lubuklinggau saat apel pagi. | Dok KS

LUBUKLINGGAU – Banyak cara untuk melahirkan bibit pemimpin. Tak terkecuali yang dilakukan Pengurus Bersama Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (PB IK A LKS) Unit SMK Negeri I Lubuklinggau pada Sabtu-Minggu (17-18/1). Kegiatan ini diikuti 33 peserta berasal dari pelajar kelas X dari semua jurusan.

PB IKA LKS Unit SMK Negeri I Lubuklinggau selama dua hari berturut-turut menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Siswa Angkatan XII di sekolah mereka. Tujuannya sebagai proses pengkaderan dan wadah melahirkan untuk menciptakan kader-kader kritis yang siap menjadi pemimpin masa depan.

Lasiman, Kepala SMK Negeri I Lubuklinggau, Lasiman kepada Kabar Sumatera menyampaikan, melalui LKS diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit pemimpin dari kalangan muda atau pelajar di sekolahnya. Selain itu, menurut Lasiman, melalui LKS ini dapat membentuk pelajar-pelajar yang memiliki dan menanamkan sifat-sifat pemimpin, dan di masa depan mereka dapat menjadi tauladan, dalam beretika, bermoral, bertatakrama, sopan santun dan memiliki wawasan luas serta mampu bersaing dengan sekolah lainya.

Seperti diketahui, LKS di SMK Negeri I Lubuklinggau ini memang aktif dilaksanakan oleh para pengurusnya, melalui kegiatan ekstrakurikuler. “Kita harapkan dapat menghasilkan pelajar-pelajar yang berjiwa pemimpin, dan ke depan bisa menjadi seorang pemimpin yang berkualitas,” harap Lasiman.

Sehubungan dengan kegiatan LKS ini menurut Lasiman, pihak sekolah sangat mendukung. Sebab dengan LKS menurut Lasiman bisa mendidik para siswa agar menjadi siswa mandiri, berwawasan dan memiliki mental dan keberanian. “Sehingga ke depan menjadi generasi muda yang berkualitas dan siap bersaing di pentas global,” tegasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua PB IKA LKS unit SMK Negeri I Lubuklinggau, Krisma didampingi Ketua Pelaksana, Novita kepada Kabar Sumatera menjelaskan, pada LKS angkatan XII tersebut para peserta diberikan beberapa materi, baik mengenai ke-LKS-an, Keorganisasian maupun kepemimpinan.

Adapun narasumber yang dihadirkan, kata dia, Waka Kesiswaan, Anzali, yang menyampaikan materi; Leadersip, sekaligus membuka acara. Kemudian PB IKA LKS Lubuklinggau mengenai kesekretariatan adminitrasi dan tata cara rapat disampaikan Dedis Yayandi. Sementara materi Retorika Teknik Persidangan disampaikan wakil ketua, Junairi, dan keorganisasian dan kepemimpinan.

Ditambahkan, Novita, LKS angkatan ke-XII Unit SMK Negeri I Lubuklinggau bertujuan menciptakan kader-kader pemimpin, meningkatkan kedisiplinan dalam kehidupan dan kegiatan siswa sehari-hari, menambah wawasan serta membina mental, meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme pelajar.

Selain materi-materi diatas, peserta juga diajarkan LTBB, outbond dan pendidikan mental dan fisik. “Hal kami lakukan agar kedepan almunus LKS ini menjadi pelajar yang bermental kuat, bukan bermental kerupuk yang mudah melempem,” ujarnya.

 

TEKS        : SRI PRADES
EDITOR    : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster