Hingga Akhir Januari, Waspadai Angin Kencang dan Petir

 207 total views,  2 views today

PALEMBANG – Beberapa wilayah di Sumatera Selatan terutama Palembang sampai akhir Januari 2015 berpotensi hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir. Untuk itu masyarakat dihimbau dapat meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Seksi Data dan Informasi, Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) Kenten Palembang, Indra Purna mengaku, berdasarkan prediksi jangka pendek pihaknya, hujan akan terjadi pada waktu siang, sore dan malam hari.

“Curah hujan sepanjang Januari meningkat. Hal itu terjadi diseluruh kabupaten dan kota di Sumsel. Namun, waktu hujannya berbeda, artinya hujan lokal,” ungkapnya, Ahad (18/1).

Sambungnya, penyebab terjadinya hujan disertai angin kencang dan petir tersebut adalah penguapan lokal. Akibatnya temperatur udara pada siang hari meningkat atau terasa panas. Kemudian saat sore terjadi hujan.

“Potensi angin kencang bukan hanya terjadi saat hujan berlangsung, sebelum maupun sesudah hujan bisa saja terjadi, terutama daerah pinggiran sungai yang ada di Kota Palembang,” bebernya.

Indra menyebutkan, tiupan kecepatan angin ketika hujan saat ini cukup tinggi yakni 10 knot per jam. Namun, angka tersebut masih dianggap normal.

“Kalau kecepatan angin sudah di atas 20 knot per jam, bisa berakibat patal. Misalnya terjadinya pohon tumbang, atap rumah melayang dan lainnya,”sebutnya.

Di tanya apakah wilayah Sumsel khususnya Palembang berpotensi terjadi angin puting beliung? Indra menjawab, puting beliung jarang terjadi disaat hujan tinggi. Angin puting beliung itu datang biasanya saat perubahan musim atau pancaroba.
“Hanya angin kencang, mudah-mudahan tidak terjadi. Pancaroba itu biasanya berlangsung di bulan Mei, Oktober, dan Desember,”katanya.

Ucap Indra, guna menyikapi cuaca saat ini, masyarakat dapat lebih meningkatkan kewaspadaan. Untuk mengindari sesuatu yang tidak diinginkan.

“Angin kencang disertai petir pasti terjadi, jadi harus lebih waspada,” katanya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 


TAG



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster