Harga Emas Perhiasan Cenderung Fluktuatif

 276 total views,  2 views today

Penjual Emas Perhiasan | Dok KS

Penjual Emas Perhiasan | Dok KS

PALEMBANG – Hingga pertengahan Januari 2015, harga emas perhiasan di toko emas di Kota Palembang cenderung stagnan dengan bermain dikisaran Rp 2,8 juta hingga Rp 2,9 juta per suku. Begitu pula untuk daya beli masyarakat cenderung stabil dari bulan ke bulan.

“Saat ini harga emas masih bermain diagregat Rp2,9 juta per suku. Begitu pun diawal Januari juga masih bermain diangka itu. Sedangkan per gram dijual sekitar Rp 499.000. Walaupun harga emas perhiasan stagnan, tapi tidak diimbangi semakin tingginya daya beli masyarakat,” ujar Asnawi, Toko Emas Asnawi di Perumnas Sako Kenten Palembang, Minggu (18/1).

Dia berkata, berfluktuasinya harga emas dalam negeri itu ditenggarai oleh menguatnya dollar Amerika Serikat (AS). Selain itu tidak meningkatnya daya beli lebih disebabkan masyarakat yang masih menyesuaikan diri dengan kondisi pasca kenaikan harga kebutuhan pokok.

Kendatipun awal Januari 2015 pemerintah menurunkan harga BBM, namun masyarakat masih wait and see untuk memutuskan membeli emas perhiasan untuk jangka menengah maupun panjang.

“Pergerakan harga emas dalam negeri ini cenderung berbanding terbalik dengan kondisi ekonomi AS yang terus mengalami perbaikan. Bisa dibayangkan pada tahun 2008 hingga 2012 lalu ekonomi AS tengah anjlok justru harga emas dalam negeri melonjak signifikan. Ketika ekonomi AS mulai membaik itu akan menjadi sentimen negatif terhadap pergerakan emas dalam negeri menginggat emas merupakan instrumen Save heaven,” jelasnya.

Lanjut dia, rata-rata kunjungan masyarakat baik membeli maupun hanya sekadar bertanya-tanya ada sekitar 5 hingga 10 orang per hari. Dia tidak bisa memprediksikan apakah harga emas dalam negeri ini akan kembali menguat pada triwulan I ini. Sebab pergerakan harga emas ini mengacu pada pasar internasional.

“Soal itu saya tidak bisa memastikannya. Apalagi kondisi ekonomi AS saat ini perlahan mulai membaik,” ujar Asnawi.

TEKS : AMINUDDIN
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster