Salahsatu Hotel di Lubuklinggau larang Karyawati Berjilbab

 261 total views,  2 views today

Ilustrasi | Republika.co.id

Ilustrasi | Republika.co.id

LUBUKLINGGAU – Dari sekian banyak perusahaan perhotelan di Kota Lubuklinggau, ternyata masih ada yang melarang karyawatinya mengenakan jilbab saat bekerja. Pelarangan ini tentu menentang Hak Azazi Manusia (HAM).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lubuklinggau, H Abdullah Matcik sangat menyayangkan adanya perusahaan seperti hotel yang melarang pegawai muslim untuk mengenakan jilbab,padahal itu sangat disarankan untuk menutup aurat.

“Dulu permasalahan ini pernah terjadi di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Lubuklinggau, terus sekarang terjadi lagi ada pelarangan memakai jilbab, sesuai, hal itu kan dilindungi Undang-Undang memakai pakaian sesuai agamanya,” tegas H Abdullah Matcik kepada Kabar Sumatera, Jumat (16/1).

Ia berjanji dalam waktu dekat segera berkoordinasi dengan instansi terkait seperti dinas tenaga kerja, Kementerian Agama untuk memanggil perusahaan-perusahaan yang melarang karyawanya memakai jilbab saat bekerja.

“Nanti kita duduk bersama menyelesaikan masalah ini, kita akan panggil mereka, MUI sangat meminta agar jangan melarang pegawai memakai jilbab,karena melanggar HAM dan bertentangan dengan syariat islam,” kata H Abdullah.

Ia mencotohkan bahwa diperusahaan-perusahaan didaerah lain seperti di pulau Jawa, tidak ada kekangan bagi karyawatinya untuk memakai jilbab.

“Lihat daerah-daerah lain tidak ada mereka melarang, kita sangat menyayangkan ini terjadi lagi,” ujarnya.

Terpisah,seorang karyawati salah satu hotel di Lubuklinggau yang minta namanya dirahasiakan kepada Kabar Sumatera,mengakui bahwa tempat dia bekerja melarang ia bersama rekan kerjanya yang lain makai jilbab.

“Dulu aku pake jilbab, semenjak masuk di sano dak boleh lagi begawe makai jilbab, jadi sekarang dak make jilbab lagi,” kata dia seraya kembali meminta agar namanya tidak disebutkan di koran ini.
TEKS       : SRI PRADES
EDITOR    : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster