Pembuatan Sertifikat Tanah Meningkat

 202 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Pembuatan sertifikat tanah di Kantor Pertahanan Nasional (KPN) Kabupaten Empat Lawang meningkat. Selain karena gencarnya sosialisasi, masyarakat dinilai sudah mulai mengerti manfaat kepemilikan akta surat tanah resmi.

Kepala BPN Empat Lawang, Ketut Mangku, melalui Kasi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah, Hazairin, menuturkan, hingga kini warga di Empat Lawang dalam pembuatan sertifikasi tanah sudah mulai kooperatif.

“Masyarakat Empat Lawang sudah mulai mengerti dan paham akan pentingnya pembuatan sertifikasi tanah. Kita sangat bersyukur akan hal itu,” katanya, kemarin.(15/1).

Prosentase peningkatan pembuat sertifikat tanah dari tahun sebelumnya atau 2013 lalu, dari tercatat 225,000 Hektar tanah ditahun belakangan, hanya 0,01% yang memiliki sertifikat. Namun seiring waktu hingga kini tanah yang sudah bersertifikat naik mencapai 1,4 % atau berjumlah 315 Hektar.

Peningkatan tersebut kata Hazairin, lantaran adanya program sertifikasi masal. Pihaknya secara langsung melakukan penyuluhan dan sosialisasi ke kecamatan masing-masing.

“Kita turun langsung mensosialisasikan pentingnya pembuatan sertifikasi hak kepemilikan tanah ke pada para warga dengan bekerja sama melalui unsur Muspika setempat.Hasilnya luar biasa, prosentasenya meningkat, kita cukup bangga akan hal ini,” bebernya.

Ia menambahkan, pembuatan sertifikasi tanah amat penting, sebab dengan sertifikasi memiliki kepastian hukum. Nah Jika sudah bersertifikasi artinya sudah menjadi hak milik yang diakui oleh negara. Tidak hanya itu saja sejumlah keuntungan bisa didapat adanya sertifikat.

“Sebagai alat ekonomi, pemilik bersangkutan bisa melakukan peminjaman di Bank dan transaksi lainnya. Terlebih, mengundang para investor,” tukasnya.

 

TEKS      : SAUKANI
EDITOR   : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster