Megoptimalkan Pengelolaan Wisata Alam

 312 total views,  2 views today

Gagasan-02-Annisa-Khasya-Fadila

Oleh Annisa Khasya Fadila
(Penulis adalah Mahasiswi dan Peminat Sospolbud)

Negeri ini, diberkahi berbagai pesona alam yang indah. Keindahan alam yang dimiliki bisa ditemukan di hampir semua pulau di Indonesia dengan berbagai macam ciri keindahan alam yang unik, mempesona, mengagumkan, dan memiliki karakteristik tertentu di setiap objeknya. Mulai dari pulau Sumatera hingga Papua dan berbagai pulau di sepanjang gugusan kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke tersebut banyak memiliki tempat wisata alam terkenal. Beberapa diantaranya adalah Danau Toba, Kepulauan Seribu, Pantai Parangtritis, Pantai Kuta di Bali, Taman Wisata Laut Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat, dsb. Berbagai macam pesona daya tarik alam Indonesia tersebut sudah terkenal hingga dunia internasional.
Namun, satu hal yang menjadi permasalahan adalah tidak semua keindahan alam di Indonesia memiliki daya tarik bagi dunia internasional. Hanya terdapat beberapa lokasi wisata yang memiliki daya tarik unggulan bagi para turis asing seperti Pulau Bali. Bali, dengan segala pesona alam yang terletak di dalamnya memang merupakan salah satu aset jual Indonesia dalam hal wisata alam. Maka tak heran, jika pulau ini selalu ramai dikunjungi turis asing setiap tahunnya karena pesona alamnya yang mempesona.
Namun, bagaimana dengan tempat wisata alam lain yang justru tidak kalah dengan Bali? sebut saja beberapa lokasi wisata alam seperti Pemandian Air Panas Guci, Danau Tiga Warna, Goa Simbar, dsb yang justru tidak banyak diketahui oleh turis asing. Jangankan turis asing, bahkan kita sebagai warga lokal pun justru masih banyak yang belum mengetahui tentang keberadaan wisata alam tersebut. Lantas jika sudah seperti ini, akankah kita menyia – nyiakan anugerah Tuhan YME atas keanekaragaman dan pesona alam yang justru tidak banyak dimiliki oleh negara lain?
Jika kita tidak segera tergerak untuk mengolah dan memanfaatkan sumber daya serta aset pesona alam yang ada, maka semua karunia yang diberikan Tuhan kepada negara kita ibarat sia – sia. Padahal seharusnya jika kita bisa mencari peluang dan memanfaatkan aset tersebut dengan baik, perekonomian negara kita akan diuntungkan dengan meningkatnya devisa dari hasil “promosi” wisata alam. Sekadar untuk menggugah hati dan pikiran kita. Sebenarnya di salah satu letak geografis negara-negara di dunia, terdapat salah satu teritori yang memiliki daya tarik wisata alam yang tinggi dan bahkan pesona alamnya bisa menyaingi Indonesia. Tahukah anda dimanakan letak lokasi tersebut?
Lokasi tersebut adalah wilayah Scandinavia yang terdiri dari Finlandia, Swedia, Norwegia, Denmark, dan Islandia yang terletak di Eropa Utara. Letak geografisnya hampir dekat dengan kutub utara tersebut memiliki pesona alam yang sangat indah dan sangat terkenal di dunia. bahkan, ketika kita mendengar kata “ Scandinavia “ satu hal yang terlintas di hampir kebanyakan orang adalah negeri dengan sejuta pesona alam yang mengesankan.
Tidak tanggung-tanggung, pemerintah negara–negara Scandinavia memanfaatkan aset paronama alam sebagai “daya jual “ untuk para wisatawan asing. Sebut saja beberapa tempat seperti Fjords, Gamle Stavanger, The Kjerag Boulder, Trysil, Aurora, The Hotel Ice, Lake Bodom, Preikestolen, serta masih banyak lagi wisata – wisata alam yang sungguh menakjubkan yang bisa ditemui di negara – negara Scandinavia tersebut. Bahkan, bisa dibilang jika nilai jual pesona alam Scandinavia lebih dikenal dibandingkan dengan Indonesia.
Tentu saja, hal ini terjadi karena pemerintah beserta masyarakatnya saling bahu membantu mengoptimalkan pengelolaan keindahan alam yang dimilikinya. Jika sudah seperti itu bagaimanakah dengan kita? Scandinavia hanya memiliki keindahan alam yang jumlahnya tak lebih banyak dari kitapun bisa mengoptimalkannya dan menjual pesona alam yang dimilikinya sebagai daya tarik wisatawan luar.
Lantas, kenapa justru kita tidak bahu membahu mengoptimalkan pengelolaan sumber daya pesona alam yang ada? Jangan sampai aset keindahan yang kita miliki hanya dibiarkan begitu saja dan tidak bisa dikelola dengan sebagaimana mestinya. Untuk itu, kita harus bersama melestarikan keindahan alam dan megoptimalkan pengelolaan wisata alam sebagai daya tarik Indonesia di mata Internasional agar bisa membangkitkan perekonomian bangsa.**





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster