Jangan Menikah di Bawah Umur

 197 total views,  2 views today

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

Lahat – Kementerian Agama Kabupaten Lahat saat ini sedang gencar mensosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Lahat untuk tidak melakukan pernikahan di bawah umur.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Lahat H Winhartan menjelaskan, dirinya bersama anggota KUA setiap kecamatan selalu mengimbau kepada masyarakat, walaupun mereka sudah mengantisipasi masih ada masyarakat yang melakukan pernikahan di bawah umur.

“Tercatat di seluruh KUA ada puluhan warga yang menikah di bawah umur, rata-rata mereka terpaksa karena terjadinya percintaan terlarang dan sudah membuahkan janin,” jelas winhartan.

Ditambahkannya, sejauh ini mereka yang yang menikah di bawah umur ada yang janinnya meninggal atau keguguran karena salah satu faktor mempengaruhi pernikahan di bawah umur adalah penyakit janin.

“Baik janin, kanker akan menjadi penyakit yang menghantui mereka yang melakukan pernikahan di bawah umur. Untuk itu jangan sekekali kita melakukan pernikahan yang membawa mudhorat tersebut,” bebernya.

Di samping itu, katanya, perbandingan umur yang sudah bisa dinikahkan adalah wanita berumur 16 tahun dan laki-laki berumur 19 tahun.

“Kalau penjelasan P3N itu rata-rata mereka menikah karena terpaksa. Namun kalau bisa ditunda, ditunda dulu, hingga umur mencukupi daripada penyakit menyerang,” ungkapnya.

Melihat parahnya menikah diusia dini pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi agar tidak ada yang melakukan pernikahan di bawah umur lagi.

“Selain penyakit, urusannya pun rumit, untuk itu mari kita bersama-sama mencegah pernikahan dibawah umur,” pungkasnya.

 

TEKS        : JUMRA ZEFRI

EDITOR    : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster