Belum Ada Kejelasan Gardu Induk, Empat Lawang “Byarpet”

 1,123 total views,  2 views today

Kondisi bangunan GI Empat Lawang di Jalinsumteng kilometer 12 kecamatan Saling. | Dok KS

Kondisi bangunan GI Empat Lawang di Jalinsumteng kilometer 12 kecamatan Saling. | Dok KS

EMPAT LAWANG – Byarpet listrik di wilayah Kabupaten Empat Lawang belum menemukan solusi. Sejauh ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Tebing Tinggi belum memberikan kejelasan, kapan Gardu Induk (GI) difungsikan.

Menurut Manager PLN Rayon Tebing Tinggi, Wisnu melalui divisi pelayanan dan pelanggan, Rendi, hingga 2015 belum ada kepastian GI di fungsikan. Sebab, jaringan dari tower dan kabal sutet belum terpasang.

Karena itu, kata dia, tidak bisa dipungkiri jika listrik Kabupaten Empat Lawang masih byarpet sebab tergantung dengan PLN Rayon Kabupaten Lahat. Hal ini dikarenakan Empat lawang masih menyambung ke Lahat.

Meskipun demikian Rendi menyatakan pihaknya tetap optimal memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan agar listrik berjalan normal.

“Kita contohkan Januari 2015 ini, meski kita tidak kita jamin namun kita ada pasukan jaga agar gangguan listrik dapat diupayakan secara optimal,” kata Rendi, kemarin.

Sambung Rendi, karyawan PLN Rayon Tebing Tinggi tidak pulang ke kampung meski ada libur selama tahun baru, semuanya stand by di Kabupaten Empat Lawang.

Rendi mengungkapkan, belum bisanya dioperasikannya GI dikarenakan upaya penyambungan jaringan listrik ke GI Petanang terkendala dengan pembebasan lahan tapak tower. Hingga sekarang PLN masih menunggu upaya pembebasan lahan yang dilakukan Pemkab Empat Lawang.

Ditambahkan Rendi, berdasarkan informasi yang ada, pembebasan lahan sudah dilakukan di sepanjang jalan yang dilalui tapak tower di Kabupaten Empat Lawang, nah untuk Musi Rawas dan Lubuk Linggau masih tahap penjajakan.

PLN berharap, Pemkab Empat Lawang dapat menyelesaikan pembebasan lahan agar GI segera difungsikan, dan harapan tidak byar pet lagi dapat tertanggulangi.

“Kalau proses Pemkab cepat, kita yang langsung pasang jaringannya,” imbuhnya.

Ditanya soal ketahanan GI apabila tidak terpakai? Dia menyatakan GI tetap bisa dipakai, sebab ada dana perawatan GI sehingga kapan pun dioperasikan Gardu Induk siap difungsikan.
“GI dapat difungsikan kapanpun,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI
EDITOR : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster