Bangun 70 Ruas Jalan, PU BM Sumsel Kucurkan Rp 1,1 T

 296 total views,  2 views today

Para pekerja sedang mengerjakan persiapan pengecoran jalan Teluk Lubuk - Talang Ubi

Ilustrasi Para pekerja sedang mengerjakan persiapan pengecoran jalan Teluk Lubuk – Talang Ubi

Palembang – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Sumatera Selatan (Sumsel), pada tahun 2015 akan mengucurkan anggaran sebesar Rp 1,1 Triliun untuk membangun 70 ruas jalan.

Kepala DPU BM Sumsel, Rizal Abdullah usai menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H, di Masjid PU BM, Kamis (15/1), mengatakan, pihaknya mendapat alokasi dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp1,1 Triliun.

“Ini pekerjaan rutin kita dalam membenahi jalan-jalan yang termasuk ke dalam jalan provinsi. Di tahun 2013 ada 71 ruas jalan yang kita perbaiki dan pelihara. Namun tahun ini ada 70 ruas jalan. Karena satu jalan milik provinsi diambil alih oleh Kementerian yang dimasukkan jadi jalan nasional,” kata Rizal.

Adapun satu jalan yang dipindahkan tersebut, lanjutnya, yaitu Jalan Ahmad Yani, Palembang sepanjang 3 Kilometer (KM). Sehingga Pemprov Sumsel menyerahkan langsung ke pusat.

Hal itu, karena adanya rencana pembangunan Jembatan Musi IV yang akan menghubungkan Jalan Perintis Kemerdekaan dengan Jalan Ahmad Yani Palembang.

“Agar menjadi satu kesatuan jaringan jalan nasional, maka kami memberikan Jalan Ahmad Yani untuk ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional,” beber dia.

Bentuk dari pekerjaan rutin itu yakni pemeliharaan dan perbaikan jalan, termasuk juga jika ada ruas jalan dan jembatan yang hendak ditingkatkan. Dari 70 ruas jalan itu terdapat sepanjang 1.462,874 km untuk semua jalan Provinsi yang ada di Sumsel.

Adapun beberapa ruas jalan yakni Simpang Campang-Ujan Mas-Batas Provinsi Bengkulu sepanjang 61 km, Batas Kota Palembang-TAA sepanjang 56,5 km, Terawas-Taba Tinggi-Maur sepanjang 56,25 km. Serta jalan-jalan penghubung lainnya.

Lalu ada juga ruas jalan Muara Dua-Kota Batu-Batas Provinsi Lampung sepanjang 59,4 km dan Pagaralam-Tanjung Raya sepanjang 53 km.

“Masih banyak lagi ruas jalan provinsi di Sumsel, yang jelas semua jalan kami pelihara dengan baik,” beber Rizal.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, pada Desember lalu pihaknya telah menggelar rapat jangka panjang untuk menuntaskan pembangunan di Sumsel, khususnya pada infrastruktur jalan. Karena kebutuhan jalan di Sumsel sudah sangat mendesak mengingat volume kendaraan semakin bertambah tiap tahunnya.

“Semua perbaikan jalan di Sumsel semuanya menjadi prioritas. Tetapi, untuk dibangun secara cepat itu memiliki tahapan-tahapan yang harus dilalui,” pungkasnya.

 

Teks      : Imam Mahfuz

Editor    : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster