Satu Waduk untuk Sumsel dari Jokowi

 306 total views,  2 views today

Presien Jokowi, | Dok KS

Presiden Jokowi, | Dok KS

PALEMBANG – Pemprov Sumsel memastikan jika Program perairan yang digagas oleh Presiden RI, Joko Widodo yang hendak membangun 49 waduk di seluruh Indonesia juga akan diterima. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Sumsel Syamsul Bahri menegaskan, Sumsel kebagian pembangunan satu waduk yang berlokasi di Kabupaten OKU Selatan.

“Untuk lokasi persisnya kita belum tahu, karena ini kewenangan dari pusat melalui Balai Besar,” ujar Syamsul di Griya Agung Palembang, kemarin.

Ia berkata, dana yang digunakan untuk pembuatan waduk tersebut mencapai Rp1,7 triliun yang dianggarkan dari APBN. Ia mengaku jika, ditunjuknya OKU Selatan sebagai lokasi waduk dilakukan berdasarkan hasil survey yang dilakukan pemerintah pusat.

“Kita tidak ikut terlibat dalam penunjukan lokasi. Mungkin, pusat ada pertimbangan tertentu mengapa OKU Selatan yang dipilih. Lokasinya mungkin persis dekat dengan Danau Ranau. Semuanya dilakukan oleh pusat, mulai dari perencanaan, penentuan Detail Engineering Design (DED) hingga anggaran dana yang akan dikucurkan,” tegas Syamsul.

Sebagai pemerintah daerah, lanjut Syamsul, pihaknya mendukung penuh pembangunan waduk tersebut. Terlebih saat ini, program swasembada pangan tengah digalakkan. Ia menjelaskan, keberadaan waduk dalam sebuah wilayah sangat penting, mengingat pada musim kering melanda, air yang ada bisa disalurkan melalui irigasi warga yang sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani.

“Begitu pula saat musim hujan. Luasnya waduk, bisa menampung debit air yang terus meninggi saat frekuensi hujan meningkat. Besar manfaatnya. Begitu pula potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut,” tegas dia.

Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Sumsel, Ahmad Nadjib mengakui jika Sumsel terus mengupayakan program swasembada pangan. Sektor pangan yang memiliki peran vital sebagai penopang daerah wajib memiliki prioritas utama.

“Jika kita mendapatkan bagian satu waduk, tentu akan memberi nilai tambah. Kalau kita melihat dari kondisi pekerjaan masyarakat Sumsel yang sebagian besar berprofesi sebagai petani, tentu satu waduk belum bisa mengakomodir kebutuhan di seluruh Sumsel. Tapi dengan jatah ini, kita bangga jika Sumsel masuk prioritas,” pungkasnya.

TEKS:IMAM MAHFUZ
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster