Pola Makan dan Antisipasi Bayi Prematur

 294 total views,  2 views today

Oleh Restuani Budiarti

(Mahasiswa D-4 Kebidanan Poltekkes Palembang)

Siapa yang tak suka dengan makanan yang manis, berlemak, makanan olahan, atau makanan cepat saji? Semua orang pasti suka tak terkecuali pada ibu hamil. Tahukah Anda salah satu penyebab bayi prematur berasal dari pola makan yang buruk yang  berasal dari sang ibu. Kelahiran prematur tentunya bukanlah kondisi yang diharapkan oleh setiap ibu hamil. Karena meski masih berpeluang untuk hidup, bayi yang terlahir prematur lebih berpotensi mengalami masalah pada organ dan juga sistem tubuhnya.

Hal tersebut karena bayi prematur lahir ketika usia kandungan ibu kurang dari 37 minggu sehingga perkembangannya di dalam rahim ibu belum sempurna. Untuk menjaga kesehatan selama kehamilan, setiap ibu disarankan untuk menjaga asupan nutrisi dengan mengatur pola makan untuk menunjang tumbuh kembang buah hati. Namun, sebaiknya menjaga pola makan tak hanya dilakukan oleh wanita selama kehamilan, tetapi alangkah baiknya pola makan yang sehat dapat diterapkan oleh wanita sebelum kehamilan.

Hubungan antara pola makan sebelum hamil dengan kelahiran prematur menjadi salah satu resiko berbahaya selama kehamilan. Pola makan merupakan faktor penting yang dapat dikendalikan. Tidak ada kata terlambat untuk membuat perubahan positif. Pola makan sehat akan mengurangi jumlah kematian bayi yang baru lahir. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan anak-anak secara keseluruhan. Pola makan yang sehat dan bergizi bukan hanya dipersiapkan pada saat kehamilan, akan lebih baik dipersiapkan sebelum kehamilan. Berikut ini adalah persiapan nutrisi sebelum kehamilan.

Pertama, mencukupi kebutuhan asam  folat hingga 400 mikrogram setiap harinya. Asam folat dapat diperoleh dari kandungan sayuran yang berdaun hijau, sitrus, kuning telur, dan kacang-kacangan. Untuk mempersiapkan kehamilan dengan cara mencukupi asam folat sangat bermanfaat dalam membantu ibu hamil untuk mengurangi resiko anak cacat bawaan dan penyakit yang berbahaya lainnya.

Kedua, dalam mempersiapkann kehamilan perhatikan pula asupan makanan, benahi pola hidup Anda, dan menjaga makanan sehat untuk kehamilan. Hindari pula mengonsumsi makanan seperti makanan berlemak, minuman bersoda dan makanan tidak sehat lainnya. Langkah Ketiga, batasi konsumsi kopi dan teh dikarenakan mengandung kafein yang dapat memperburuk kesehatan menjelang persiapan kehamilan.

Ketiga, adalah jauhi konsumsi alkohol karena minum terlalu banyak alkohol dapat merusak hampir setiap bagian dari tubuh, termasuk sistem pencernaan, jantung, sirkulasi, otak, dan sistem saraf. Termasuk Pada ibu hamil akan berdampak buruk pada janinnya bahkan dapat menyebabkan cacat pada bayi hingga bayi lahir prematur.

Bukan hanya persiapan sebelum kehamilan harus Anda perhatikan dari kesiapan fisik dan keadaan psikis.  Dalam memperhatikan kesiapan fisik sebaiknya Anda dapat menjaga dari pola makan yang sehat selama kehamilan. Sebelumnya telah dibahas mengenai persiapan nutrisi  sebelum kehamilan. Berikut ini pola makan sehat untuk ibu hamil.

Pertama, ibu harus makan teratur tiga kali sehari. kedua, makanan yang dikonsumsi ibu hami harus tersusun dari makanan yang bergizi yang terdiri makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan dan jangan lupa usahakan minum susu satu gelas setiap hari untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Terakhir pilihlah, belilah, berbagai macam bahan makanan yang segar.

Bagaimana jika ibu hamil tersebut timbul rasa mual atau muntah  ketika mengonsumsi makanan yang seharusnya dapat memenuhi kebutuhan janin. Sebenarnya rasa mual timbul pada minggu ke 4-6 masa kehamilan.  Rasa mual terjadi karena kondisi kehamilan diatur oleh banyak hormon yang berbeda. Salah satu dari hormon ini disebut human chorionic gonadotrophin (HCG). hormon inilah yang berperan dalam timbulnya rasa mual.  Semua orang sudah pasti tidak ingin bayinya prematur. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda mulai menerapkan pola hidup sehat yang tentunya telah termasuk pola makan sehat mulai dari sekarang.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster