Pemkot Prabumulih Bangun 2.600 Sambungan Gas Kota

 382 total views,  2 views today

Pejabat Pertagas bapak Gema memberikan nasi tumpeng kepada  Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, MM pada selamatan pemasangan gas  rumah tangga. | Foto : Irsan Matondang

Pejabat Pertagas bapak Gema memberikan nasi tumpeng kepada Walikota Prabumulih Ir. H. Ridho Yahya, MM pada selamatan pemasangan gas rumah tangga. | Foto : Irsan Matondang

PRABUMULIH – Pemerintah Kota Prabumulih kembali akan memasang dan membangun jaringan gas rumah tangga sebanyak 2.626 saluran yang meliputi di 3 Kecamatan pada Kota Prabumulih, yakni Kecamatan Prabumulih Timur, Kecamatan Prabumulih Utara dan Kecamatan Cambai.

Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup Junaidi, Sip, mengatakan tahun ini akan memasang 2626 gas rumah tangga yang meliputi di sebagian darah Patih Galung, sebagian Anak Petai, sebagian Gunung Ibul dan Gunung Ibul Barat, Prabu Jaya, Padat Karya serta sebagian daerah Cambai.

Adapun daerah yang dilalui pipa jaringan tersebut adalah dari jalan M Yamin kelurahan Pasar II tembus jalan Sudirman sampai ke jalan Padat Karya, ja;lan Sumatera Gunung Ibu hingga jalan Lingkar dekat Air Mancur.

Kenurut pejabat Pertagas Gema, pembangunan jaringan gas kota ini adalah yang pertama kali dilakukan pada tahun ini dari seluruh Indonesia. Ini juga pembangunan jaringan pipa gas rumah tangga yang dananya berasal dari PT Pertamina sendiri.

Tadinya akan dibangun sebanyak kurang lebih 5.000 jaringan gas rumah tangga dengan catatan adanya pembayaran, tetapi atas pertimbangan dari walikota kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya, MM bahwa pemasangan gas rumah tangga harus gratis, jadi dengan anggaran yang ada akhirnya bisa dibangun 2.626 jaringan gas rumah tangga.

“Untuik kedepannya kita dari Pertagas akan berusah untuk menambah lagi jaringan gas rumah tangga untuk kota Prabumulih karena Kota Prabumulih sendiri adalah kota Percontohan untuk pemasangan gas rumah tangga secara nasional,” katanya.

Sedangkan Project Manager Pertagas Triono mengatakan dengan adanya pembagunan gas kota rumah tangga di kota Prabumulih adalh sudah dengan pertimbangan yang matang dengan biaya yang sudah dianggarkan dan sesuai dengan perkiraan biaya yang diberikan untuk membangun gas rumah tangga.

Kepada seluruh elemen diharapkan agar dapat membantu dan memberikan dukungan dalam pemasangan jaringan gas rumah tangga ini, Dan lagi tidak semua jaringan gas kota yang dilalui jaringan dapat terpasang, namun untuk itu diharapkan dapat bersabar untuk dibangun.

Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya, MM dalam sambutannya mengatakan, sesudah melewati berbagai masalah yang dihadapi dalam pemasangan jaringan gas rumah tangga, maka untuk tahun ini kembali masyarakat kota Prabumulih mendapat jatah 2.626 pasang gas rumah tangga dimana tadinya kota Prabumulih akan mendapat 5.000 pasang gas rumah tangga.

Tapi karena dengan banyaknya pertimbangan yang tidak merugikan masyarakat Prabumulih, akhirnya kota Prabumulih mendapat jatah 2.626 pasang gas rumah tangga secara gratis.

“Untuk itu diharapkan peran serta RT/RW untuk dapat membantu menjaga dan memberikan pemahaman kepada warga bahwa pemasangan gas rumah tangga ini adalah untuk kita semua dan tidak ada yang dirugikan dalam pemasangannya serta juga kita akan berikan subsidi silang kepada warga yang tidak mampu dalam memenuhi keinginan dalam memasang gas rumah tangga ini,” kata Ridho.

 

TEKS         : IRSAN MATONDANG

EDITOR     : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster