Musim Hujan, Warga di Bantaran Sungai Diharap Waspada

 235 total views,  2 views today

Warga yang berukim di bantaran sungai diminta waspada, karena di musim penghujan daerah ini rawan bencana banjir dan longsor. | Dok KS

Warga yang berukim di bantaran sungai diminta waspada, karena di musim penghujan daerah ini rawan bencana banjir dan longsor. | Dok KS

MUARADUA – Warga yang mendiami lokasi di bantaran sungai Selabung, kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komuring Ulu (OKU) Selatan, diminta waspada selama musim hujan, karena rawan terjadi bencana longsor dan banjir.

Apalagi Kabupaten OKU Selatan ini, salah satu Kabupaten yang sangat rawan akan bencana alam seperti tanah longsor dan banjir, mengingat letak geografis Kabupaten OKU Selatan berbukit-bukit dan dialiri sungai yang cukup panjang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan, Iskandar, melalui Kepala Pelaksana, Mahfi Abubakar mengingatkan masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai agar terus waspada, apalagi di musim penghujan ini.

“Curah hujan saat ini cukup tinggi dikhawatirkan akan terjadi longsor dan bencana banjir,” ujarnya.

Meskipun demikian, warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai tersebut, selama ini memang telah menetap di daerah itu selama puluhan tahun. Selain itu mereka juga telah memberikan kontribusi dengan membayar PBB (Pajak Bumi Dan Bangunan).

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pendapatan daerah Kabupaten OKU Selatan, Natalion, untuk masalah pembayaran PBB.

”Untuk saat ini kita belum bisa melakukan relokasi kepada masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai tersebut dikarenakan pada umumnya mereka telah menetap di lokasi tersebut selama puluhan tahun, bahkan rumah-rumah tersebut telah member warna tersendiri bagi kabupaten OKU Selatan alias ciri khas tersendiri,” ujarnya.

Selain itu, Natalion mengungkapkan meskipun mereka mendirikan bangunan atau rumah di sekitar bantaran sungai tersebut mereka tetap membayar pajak, meskipun hanya pajak bangunan saja.

 

TEKS        : FITRI

EDITOR     : FJ ADJONG

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster