Lampu Padam, Cetak E-KTP Terganggu

 229 total views,  2 views today

PALEMBANG – Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Palembang, pencetakan e-KTP masyarakat Metropolis sampai Rabu (14/1) sudah tercetak lebih kurang 900 e-KTP.

Kepala Disdukcapil Palembang, M Ali Subri mengatakan, sejak pencetakan e-KTP dilimpahkan ke masing-masing daerah, sedikitnya 100 lembar e-KTP di cetak setiap harinya. Namun, dalam proses pencetakan sedikit terganggu akibat beberapa faktor, seperi faktor alam.

“Gangguan dari faktor alam itu seperti, hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Karena sistem jaringan biasanya juga ikut terganggu. Apalagi, sistem yang ada di setiap daerah terkoneksi ke pusat,”katanya, saat dibincangi, Rabu (14/1).

Sambung Ali, gangguan lainnya adalah padamnya aliran listrik dari PT PLN. Akibatnya, proses pencetakan harus terhenti sampai listrik hidup.

“Tapi, ketika lampu hidup, mesin pencetakan tidak bisa langsung dioperasikan. Karena butuh waktu penyesuaian,” ujarnya.

Gangguan-gangguan tersebut, sebut Ali, bukan hanya berdampak pada lambannya pencetakan. Tapi, berdampak juga terhadap entri data. Jadi, suplai listrik dari PLN sangat penting untuk percepatan pencetakan.

“Kami berharap suplai listrik dari PLN tetap normal, artinya tidak padam,”harapnya.

Ali mengaku, selain dua faktor tersebut, Sumber Daya Manusia (SDM) juga bisa menghambat. Artinya petugas yang melakukan pendataan, keletihan. Apabila dipaksakan, bisa berdampak pada kesalahan dalam pengetikan.

“Contohnya, data laki-laki, tapi ketika dicetak perempuan, jadi kami berharap masyarakat yang belum dapat e-KTP lebih bersabar,”ulasnya.

Untuk diketahui, Disdukcapil dapat mesin cetak e-KTP dua unit. Dengan kemampuan cetak 100 lembar per hari.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   :  RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster