Indeks Tunggu Kepastian BI Rate

 214 total views,  2 views today

Ilustrasi BI | Dok KS

Ilustrasi BI | Dok KS

PALEMBANG – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan bergerak variatif dengan kecenderungan akan terus menguat. Pelaku pasar saham saat ini masih menunggu kepastian dari Bank Indonesia (BI) yang akan mengumumkan penetapan BI rate naik atau tetap hari ini.

“Kalau sekarang ini belum terlihat pengaruhnya ke pergerakan indeks. Sebab belum ada hasil dari pengumuman penetapan BI rate. Apakah mengalami kenaikan atau tetap pada level saat ini. Kami masih melihat dan menunggu kepastian itu semua,” ujar Branch Manajer (BM) Mandiri Sekuritas Palembang, Aidil Idham, Rabu (14/1).

Menurut dia, jika besok (hari ini) sudah ada ketetapan BI rate, tentu akan berpengaruh terhadap pergerakan indeks. Tujuan dari BI rate itu sendirikan agar nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat semakin menguat.

Dia menilai jika BI rate mengalami kenaikan beberapa basis poin dari level saat ini, dimungkinkan ada beberapa sektor yang akan ikut terdongkrak maupun mengalami penurunan sahamnya.

“Ada beberapa sektor yang akan berdampak langsung dari kenaikan BI rate. Tapi ada juga sektor yang mengalami peningkatan. Tapi di semester I/2015 ini, kami proyeksikan sektor infrastruktur pembangunan akan terus naik seiring dengan kinerja pemerintah yang  benar-benar menunjukkan perbaikan dalam pembangunan insfrastruktur,” jelasnya.

Seiring dengan turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun penurunan inflasi, pihaknya tidak bisa memprediksikan apakah BI rate bakal diturunkan dibawah level saat ini. Saat ini, IHSG dibuka dalam perdagangan hari ini menguat 0,05% ke level 5.217. Sedangkan semenjak awal Januari lalu, perdagangan indeks diwarnai adanya aksi jual bersih investor asing.

“Kami melihat keadaan serta harapan fundamental ekonomi yang terus membaik masih ditutupi situasi buruk pasar global sehingga rupiah melemah pada pekan lalu. Tapi, turunnya harga minyak semakin memberikan dampak positif terhadap neraca perdagangan serta mendorong pemangkasan harga BBM bersubsidi lanjutan yang akan otomatis memangkas ekspektasi inflasi,” katanya.
TEKS       : AMINUDDIN

EDITOR    : RINALDI SYAHRI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster