Dinas Pertanian OKI Targetkan Produksi 921.580 Ton Gabah

 540 total views,  2 views today

Ilustrasi Beberapa Petani Sedang Memanen Padi Didaerah Jalur 13. Ds Timbul Jaya. Muara Sugihan Banyuasin | Foto : Bagus Park

Ilustrasi Beberapa Petani Sedang Memanen Padi | Foto : Bagus Park

KAYUAGUNG – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Syarifuddin menargetkan produksi gaba kering sebanyak 921.580 ton untuk taun 2015. Pencapaian itu didukung dengan perluasan lahan pertanian dan pembangunan saluran irigasi yang sudah dibangun di kawasan sawah lebak yang ada di empat kecamatan, Kayuagung, SP Padang, Jejawi dan Pampangan.

Menurut Syarifudin, tahun 2014 Kabupaten OKI mampu produksi padi sebanyak 621.850 ton gabah kering, sementara tahun 2015 ada penambahan target  produksi 300 ton gabah kering.

“Itu artinya di tahun 2015 kita targetkan kabupaten OKI mampu produksi  921.580 ton gabah kering.” ujarnya, Rabu (14/1).

Walau target tersebut terlalu tinggi dan sulit untuk dicapai, namun pihaknya tetap yakin jika target itu akan terpenuhi.

“Kita optimis dengan adanya dukungan dan kerjasama antara instansi terkait maka target tersebut dapat tercapai, hal itu akan didukung dengan adanya perluasan lahan pertanian, pembangunan infrastruktur pertanian seperti rigasi, sehingga produksi padi akan terus meningkat,” terangnya.

Lahan pertanian di OKI luasnya mencapai 734.747 hektar, 155.801 hektar diantaranya sawah yang terdiri dari lahan irigasi teknis 650 ha, tadah hujan 48.779 ha, lahan sawah pasang surut seluas 23.453 ha dan rawa lebak 82.919 ha.

“Di tahun 2015 lahan sawah lebak kita targetkan semuanya bisa ditanami, karena sudah di bangun saluran-saluran irigasi di 4 kecamatan, yakni kecamatan Kayuagung, Jejawi, Sirah Pulau Padang dan Pampangan, dengan dibantunya peralatan pertanian membuat petani tidak lagi mendapat kendala,” jelasnya.

Sebalumnya, Bupati OKI Iskandar SE mengatakan, saat ini pemerintah pusat telah memberikan perhatian penuh kepada Kabupaten OKI, terutama di bidang pertanian.

“Meteri pertanian telah datang langsung ke kabupaten OKI untuk melihat potensi pertanian di OKI, pemerintah pusat Optimis, OKI menjadi lumbung pangan, tahap awal kita dibantu ratusan alat pertanian, kita juga ditargetkan menambah perluasan lahan pertanian seluas 40 ribu di 7 kecamatan yakni kecamatan Tanjung Lubuk, Pedamaran, Jejawi,  Pampangan, SP Padang dan Kayuagung,” katanya.

Iskandar menekankan, pihaknya terus  berupaya mendukung program strategis pemerintah pusat mewujudkan kedaulatan pangan melalui penerapan regulasi dalam kebijakan pertanian untuk mendorong program ketahanan pangan.

Kebijakan dan komitmen tersebut direalisasikan dengan membuat  regulasi yakni Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang penyediaan, Pengelolaan dan Penyaluran Pangan Pokok Daerah dan Peraturan Bupati Nomor 640 Tahun 2014 tentang Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten OKI

“Kabupaten OKI menargetkan mampu memproduksi 900 ribu ton gabah kering atau setara dengan 600 ribu beras per tahun. Hal ini sangat mungkin tercapai setelah dibangunnya saluran sekunder irigasi sepanjang 7.998 hektare di empat kecamatan di Kabupaten OKI,” tandasnya.

 

TEKS      : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   :  FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster