Palembang Tuan Rumah Kejuaraan Dayung Asia

 212 total views,  4 views today

President Asian Canoe Confederation (ACC) Shoken Narita saa audiensi dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Griya Agung, Selasa (13/1). | Dok KS

President Asian Canoe Confederation (ACC) Shoken Narita saa audiensi dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Griya Agung, Selasa (13/1). | Dok KS

– Presiden ACC Kagum Lihat JSC

Palembang – Presiden Asian Canoe Confederation (ACC) Shoken Narita mengaku kagum melihat kesiapan Sumatera Selatan yang ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaran internasional bertajuk Single Event Asian Canoe 2015, November mendatang.

Hal tersebut diungkapkannya saat meninjau venue Ski Air yang berada di Komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Selasa (13/1) pagi.

JSC yang menjadi pusat kegiatan olahraga Sumsel dinilai Shoken Narita layak untuk menggelar event internasional. Semua itu tak terlepas setelah melihat beberapa event internasional yang sebelumnya sukses diselenggarakan, diantaranya seperti  SEA Games 2011, Kejuaraan Dunia Ski Air 2012, Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 dan teranyar, Sumsel baru saja menjadi tuan rumah pekan olahraga Asean University Games (AUG) 2014.

“Ini pertama kali saya datang ke Palembang. Tidak hanya venue yang sangat baik kualitasnya, namun saya sangat kagum melihat komplek olahraga Jakabaring Sport City (JSC) yang terintegrasi dalam satu kawasan. Kalau melihat ini, saya pikir Sumsel siap untuk menyelenggarakan perlombaan-perlombaan bertaraf internasional, khususnya untuk cabor dayung,” kata Shoken dengan bahasa Inggris.
Bahkan Shoken mengakui, jika di Negara asalnya, Tokyo, Jepang pun tidak ada fasilitas olahraga yang menyamai JSC. ” Saya merasa cemburu melihat fasilitas di JSC. Di Tokyo tidak ada fasilitas olahraga seperti ini. Kalau bisa, kami ingin membawa fasilitas di sini ke Tokyo,” candanya.

Usai melakukan peninjauan, pada siang harinya rombongan ACC melakukan audiensi dengan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin di Griya Agung Jl Demang Lebar Daun . Alex Noerdin mengungkapkan bahwa ke depan  Sumsel akan semakin banyak menggelar event olahraga internasional dan yang terdekat yakni kejuaraan dayung tingkat Asia, November mendatang.  “Kejuaraan dayung Asia ini akan diikuti sebanyak 37 negara. Ajang ini sebagai uji coba sebelum diselenggarakannya Asian Games XVIII tahun 2018 mendatang di Sumsel,” kata Alex.

Menurut Alex, kedatangan Shoken dan rombongan meninjau JSC sekaligus mengecek venue untuk tes event Asian Games. “Beliau ingin memastikan apakah JSC ini layak atau tidak. Dan Alhamdulillah beliau mengaguminya,” pungkasnya.

 

TEKS     : IQBAL

Editor    : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster