Kopi Empat Lawang Diminati Investor Mesir

 1,008 total views,  2 views today

Ilustrasi Kopi Semendo Asli Sumsel | Dok KS

Ilustrasi Kopi  Asli Sumsel | Dok KS

EMPAT LAWANG – Peningkatan mutu dan kuantitas produksi biji kopi asli Empat Lawang harus ditingkatkan. Pasalnya, hasil komoditas perkebunan unggulan andalan tersebut kini dilirik investor asing dari Kairo Mesir.

Demikian disampaikan Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri, kemarin (13/1). “Kita akan ekspor kopi ke luar negeri,”ungkap HBA menyebut, kopi asli Empat Lawang melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sudah mendapat permintaan yang cukup besar dari Kairo Mesir.

“Alhamdulillah kita dapat informasi kalau Kopi kita diminati oleh investor luar negeri, bahkan kita dipinta mengekspor kopi sebanyak mungkin ke Kairo,” jelasnya.

Namun kata HBA, untuk menyediakan ekspor tersebut tentu Empat Lawang memiliki banyak kendala, salah satunya ketersediaan kopi yang minim karena banyak dijual ke luar daerah kemudian kesiapan pelaku usaha yang masih lemah. Diyakini, harga jual di pasaran dunia (eksport, red) akan jauh lebih besar dibanding penjualan lokal dengan kualitas standar.

“Ini harus benar-benar disiapkan, kalau bisa 2015 mendatang kita sudah bisa ekspor Kopi, caranya seluruh pelaku usaha kopi bersatu untuk mengekspor kopi ke luar negeri,”katanya,

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertambangan Energi (Dishutbuntamben) Empat Lawang, H Susyanto Tunut menjelaskan, pihaknya sudah ada pemikiran untuk mengadakan Workshop sebab Empat Lawang selama ini belum memiliki Kopi Special yang betul-betul menjadi khas Empat Lawang seperti taste (rasa) dan kualitas bijinya.

“Di Empat Lawang ini 70 persen merupakan Petani Kopi jadi sangat wajar jika kita ingin konsentrasi menjadikan kopi Empat Lawang ini sebagai kiblat kopi di Indonesia,”aku Susyanto.

Disisi lain, pelaku usaha Kopi Empat Lawang, Asmania (36) menjelaskan, Empat Lawang memiliki citarasa kopi yang khas, berbeda dengan kopi-kopi di daerah lain. Sebab lebih legit dan mudah dicerna, jika kualitas kematangan dan pengeringannya sesuai maka tidak membuat mual atau jenuh.

“Ya, kopi Empat Lawang citarasanya benar-benar disukai oleh orang luar negeri, sudah terbukti di berbagai even. Kami mendukung jika nanti ada pangsa pasar lebih besar ke luar negeri,” tukasnya.

 

TEKS      : SAUKANI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster