Isu Mutasi Berhembus, Lobi Jabatan di Pemkit Pagaralam Makin Gencar

 232 total views,  2 views today

Ilustrasi PNS | Dok KS

Ilustrasi PNS | Dok KS

PAGARALAM – Memasuki awal tahun 2015, kembali bergulir isu mutasi atau roling jabatan besar-besaran hingga membuat langkah kasak-kusuk disejumlah kalangan pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Pagaralam dalam menyelamatkan posisi jabatan mereka.

Terkait hal itu, Sekretaris Daerah Kota Pagaralam Drs H Safrudin MSi melalui Kepala BKD setempat, Imam Pasli SSTP MSi mengakui adanya berbagai langkah kasak-kusuk dimaksud. Dikatakannya, sejak adanya isu mutasi di awal tahun 2015, ada sejumlah pejabat setingkat eselon II, III, dan IV ada yang menghubungi dalam rangka melakukan lobi  agar jabatan yang tengah dijalankan saat ini jangan sampai dicopot. Termasuk ada pula yang menginginkan jabatan strategis, mulai dari promosi hingga pindah dari SKPD yang dianggap tempat basah.

“Sebetulnya memang ada sejumlah pegawai yang hendak mendekati bahkan melakukan lobi dengan menawarkan iming-iming,” katanya, kemarin (12/1).

Meski begitu, secara tegas ia menolak hal itu, mengingat pada dasarnya roling atau mutasi jabatan di lingkungan Pemkot Pagaralam sudah melalui prosedur sesuai kompetensi profesionalisme serta aturan kepegawaian yang berlaku dalam upaya menghasilkan pejebat yang berkualitas.

“Untuk penempatan jabatan harus sesuai dengan kompetensi jabatan, sementara usulan mutasi atau rolling sejumlah pejabat struktural dalam SKPD tentunya melalui penyaringan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat),” terangnya seraya berkata meskipun maraknya isu dimaksud tetap saja pihaknya enggan membeberkan siapa saja pejabat yang akan dirombak.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat memang akan dilaksanakan penyegaran jabatan dalam upaya menghasilkan pejebat yang berkualitas, apalagi ada beberapa kepala SKPD mengalami kekosongan baik mutasi keluar daerah maupun memasuki masa pensiun.

“Kendati demikian, pelaksanaan mutasi jabatan tentunya harus melalui prosedur sesuai kompetensi profesionalisme serta aturan kepegawaian yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pejabat struktural yang enggan namanya ditulis mengatakan, informasi bakal diadakan mutasi besar-besaran memang kian merebak dikalangan kepala SKPD. Namun jadwal pelaksanaannya belum pasti.

“Jabatan itu amanah, mau ditempatkan dimana saja termasuk menjadi staf pun siap,” akunya seraya mewanti-wanti kalau namanya ditulis.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster