BBM Turun, Harga Sembako Tetap

 213 total views,  2 views today

PALEMBANG – Dampak pasca penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sejak dua pekan lalu belum dirasakan masyarakat hingga kini kebutuhan barang pokok dan transportasi ankutan umum dan kota belum ada penurunan.

Sangat berbeda ketika pemerintah menaikkan harga BBM, ketika baru ada perencanaan saja semua bahan pokok sudah berdampak dengan semakin tingginya harga barang keperluan masyarakat. Seperti yang diungkapkan Wosma, penjual nasi yang tinggal di lemabang, sampai hari ini sama saja dengan sebelum diturunkannya harga BBM, dikarenakan harga bahan pokok tidak turun sama sekali.

“Tidak ada bedanya, bedanya ketika beli bensin saja, kalau yang lain kan tidak ada,” demikian diungkapkan Wosma kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Selasa (13/1).

Tambahnya, harusnya pemerintah juga memberikan kebijakan untuk menurunkan harga bahan pokok, dikarenakan selama ini setiap barang sudah naik harganya, maka tidak akan mengalami penurunan.

“Kalau barang udah naik, pasti dak bakal turun, selama ini kan seperti itu,”katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ida (45) ibu rumah tangga, pengeluaran uang untuk kebutuhan rumah tangga sekarang yang dialami ibu Ida masih sama ketika BBM masih naik, dan merasa tidak ada yang berbeda.

“Kami belanja di pasar harganya tidak berubah, padahal BBM sudah turun, jadi uang belanja juga masih seperti kemarinlah,” katanya ketika berbelanja di Pasar Lemabang.

Salah satu pengamat ekonomi, Amidi mengatakan, Ini merupakan fenomena. barang yang harganya sudah naik pasti tidak turun, karena tidak semudah itu untuk menurunkannya.

“Ada butuh waktu untuk berpengaruh untuk melihat dampak dari turunnya harga BBM,”katanya.

Ia menambahkan, Masyarakat sekarang hanya merasakan dampak ketika membeli BBM saja, dan untuk yang lain belum muncul. Amidi menganggap Itu merupakan kebijakan yang tergesah-gesah.

“Untuk membuat suatu kebijakan harus diperhatikan dulu apa dampak jangka panjang dan pendek nya dari kebijakan tersebut,”kata Amidi.

 

TEKS      : ANDI HARYADI

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster