21 Desa di Kabupaten OKI Minim Fasilitas Kesehatan

 301 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Dari 321 desa dan kelurahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terdapat 21 desa tidak memiliki fasilitas kesehatan. Untuk memeroleh layanan kesehatan, warga terpaksa ke puskesmas keliling.

Kepala Dinas Kesehatan OKI H Muhammad Lubis ditanya terkait desa mana saja yang belum memiliki fasilitas kesehatan tersebut, ia berkilah tidak terlalu hafal nama desanya.

“Jika desanya saya tidak terlalu hafal karena ada di anak buah saya,” cetus Lubis.

Meski ia tidak menapik 21 desa yang sampai saat ini belum memiliki fasilitas kesehatan, namun secara bertahap, kata Lubis, di 2015 ini Dinas Kesehatan OKI mengangarkan dari ABPD untuk membangun baru fasilitas kesehatan berupa Pos kesehatan Dese (poskesdes).

“Tahun ini kita bangun poskesdes di desa yang belum ada fasilitas kesehatan. Secara bertahap jumlahnya ada pengurangan,” ujarnya.

Kata Lubis, selama lima tahun kedepan mengenai desa yang belum memiliki fasilitas kesehatan, akan segera teratasi. Karena prioritas pemerintah kabupaten OKI pembangunan poskesdes barkaitan dengan program membangun OKI dari desa.

Sementara Kepala Bidang Bina Program Iwan Setiawan berujar, guna menjangkau akses kesahatan masyarakat, saat ini selain 15 puskesmas yang ada di OKI, juga ada 262 pos kesehatan desa.

“Jadi walaupun desa yang belum memiliki fasilitas kesehatan, tidak terkendala untuk menikmati layanan kesehatan. Kita kan juga aktifkan puskesmas keliling yang bisa datang setip waktu ke pelosok desa. Mereka bisa menikmati layanan kesehatan di sana,”tandasnya.

Lanjut Iwan, pihaknya berharap kepada masyarakat dan pemerintah desa yang mana nanti desanya akan dibangun puskesmas untuk benar-benar memastikan kalau lahan yang akan dibangun puskedes merupakan tanah hibah yang tidak dalam sengketa.

“Karena pengalaman tahun kemarin, tanah yang dihibahkan untuk pembangunan poskesdesl semula dihibahkan. Tahu tahunya bermasalah karena ada pihak lain yang menggugat,” tandasnya.

 

TEKS      : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster