2015, PNPM Berganti Nama

 294 total views,  4 views today

pnpm

PALEMBANG – Mulai tahun 2015 ini, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) akan mengalami perubahan nama. Namun, fungsi dan tujuannya tetap sama. Koordinator PNPM Kota Palembang, Ahmad Yudi mengatakan, perubahan nama tersebut merupakan kebijakan dari Presiden. Kedepan istilah PNPM akan diganti menjadi program penanganan kawasan kumuh dengan fokus kegiatannya adalah fokus 100 persen, nol persen dan 100 persen.

“Maksudnya adalah, 100 persen masyarakat harus bisa nikmati air bersih, nol persen tidak ada lingkungan kumuh dan 100 persen lagi masyarakat harus sudah memiliki sanitasi,”katanya, usai acara penyerahan bantuan kegiatan dan peninjauan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI), di Jalan Mataram, Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan Kertapati, Selasa (13/1).

Yudi menyebutkan, meskipun PNPM akan berevolusi, tujuan utamanya tetap sama yakni percepatan pembangunan infrastruktur seperti, Jalan, tempat mandi, cuci, kakus (MCK) dan lainnya.

“Percepatan pembangunan infrastruktur tersebut di prioritaskan di kawasan yang belum tersentuh pembangunan. Tapi, dari 107 Kelurahan di Palembang, hanya satu Kelurahan yang tidak dapat yakni plaju, karena disana ada Pertamina,”sebutnya.

Yudi menambahkan, hingga pekan pertama di bulan Januari 2015 ini, penyerapan anggaran MP3KI 2014 sudah terserap 80 persen. Pihaknya memprediksi segera selesai dalam waktu dekat.

“Batas akhir penyerapan, Maret. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera selesai,”katanya.

Semntara itu, Plt Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pembangunan infrastruktur sangat penting untuk menunjang aktivitas masyarakat. Ia berharap kepada Pemerintah Pusat untuk mempertahankan program tersebut.

“Mudah-mudahan program seperti ini terus diadakan oleh pusat. Sehingga pecepatan membangunan dapat dirasakan masyarakat,” ujarnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster