Tingkatkan Kualitas Atlet, Percasi Sumsel Manfaatkan Chess Master

 512 total views,  2 views today

Ilustrasi Lomba catur AUG 2014 di Palembang beberapa waktu lalu. | Dok KS

Ilustrasi Lomba catur AUG 2014 di Palembang beberapa waktu lalu. | Dok KS

Palembang – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumatera Selatan (Sumsel) memanfaatkan Chess Master guna meningkatkan kemampuan para atlet catur Sumsel agar lebih piawai.

Chess Master merupakan sebuah aplikasi permainan catur yang diakses dengan sistem online. Dimana setiap pecatur dapat berhadapan dengan siapa saja yang mereka inginkan  untuk memainkannya

Sekretaris Umum (Sekum), Percasi Sumsel, Mursili Tjik Ama menuturkan, permainan catur online sendiri sebenarnya sudah dikenal di dunia sejak lima tahun terakhir, hanya saja di Indonesia sistem itu belum terlalu diminati.

Padahal, Mursili menilai, cara tersebut begitu praktisnya untuk menambah wawasan atlet dalam meningkatkan kemampuan bermain catur. Sebab, di Chess Master terdapat  banyak pecatur kelas dunia yang bisa diajak bermain yang kemudian diharapkan bisa menyerap teknik permainannya.

“Tahun 2015 ini sistem itu sudah kita terapkan di Akademi Catur Sumsel (ACSS) untuk latihan tambahan anak-anak,” kata Mursili.

Ia mengatakan, untuk bermain di catur online siapapun bisa melakukannya.  Sebab, caranya cukup mudah yakni pengguna tinggal masuk ke situs chess master di internet dan langsung mendaftar. “Tinggal duduk di depan komputer dan pemain bisa langsung berhadapan dengan lawan dari jauh,” ucapnya.

Istimewanya, pemain bisa menentukan musuh sendiri dengan level yang diinginkan mulai amatir hingga grand master. Dan setiap hasil yang didapatkan akan tercatat dalam urutan peringkat dunia. “Kami berharap dengan ditambahnya materi latihan lewat dunia maya ini, dapat menambah kemampuan para pecatur Sumsel,” tambahnya.

Secara terpisah, instruktur ACSS, Nurdin Abu Bakar mengatakan, pihaknya telah menerapkan sistem permainan online ini kepada anak asuhnya dalam pemusatan latihan guna menghadapai Kejurnas Catur yang akan berlangsung 14 Januari ini. Pihaknya merasa banyak manfaat yang didapatkan para atlet dengan memberdayakan Chess Master.

“Anak-anak bisa bermain kapan saja untuk menambah latihannya diluar pemusatan latihan yang kita lakukan,” ujar Abu Bakar.

 

TEKS     : IQBAL

Editor    : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster