Pencuri Helm Diamuk Mahasiswa

 323 total views,  2 views today

Padli, pelaku pencurian hhelm saat hendak dibawa ke Polsek Kemuning, Palembang. | Dok KS

Padli, pelaku pencurian helm saat hendak dibawa ke Polsek Kemuning, Palembang. | Dok KS

PALEMBANG – Lantaran gagal melarikan diri, Padli (27), pencurian helm di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, menjadi bulan-bulanan mahasiswa yang kesal atas ulahnya saat mencuri helm di UIN Raden Fatah Palembang, Senin (12/1) sekitar pukul 14.00 WIB.

Akibatnya, Padli (26), yang tercatat sebagai warga Kertapati, Palembang harus mendekam disel tahanan Mapolsek Kemuning, Palembang setelah sebelumnya diserahkan oleh mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang ke Polsek IT I Palembang. Padil diamankan dengan barang bukti sepeda motor Hoda Beat berwarna hitam dengan nomor polisi BG 5930 AAG.

Wiko (19), selaku korban mengatakan, penangkapan pelaku sudah direncanakan dirinya bersama rekan-rekanya, lantaran dirinya telah kehilangan helm sebanyak tiga kali.

Menurutnya, sebelum kejadian, dirinya sengaja meletakkan helm merk NHK berwarna merah maron di spion sepeda motornya yang terparkir persis di depan Bank Sumsel Babel Cab UIN Raden Fatah, Palembang.

“Setelah kita rencanakan ingin menjebak pelaku saya langsung membeli helm dan saya jadikan umpan. Jadi helm itu sengaja saya tinggal dengan meletakkannya begitu saja di spion motor. Usaha yang kami lakukan berhasil mengamankan tersangka setelah terjatuh dari sepeda motornya tidak jauh dari tempat kejadian,” kata Wiko

Usai melihat pelaku mengambil umpan yang telah dipasangnya, Wiko bersama teman-temanya langsung bergerak cepat dengan mengejar sambil meneriaki pelaku maling sehingga membuat pelakunya tancap gas. Naasnya, saat sepeda motor pelaku melaju kenjang, pelaku hilang kendali dan akhirnya terjungkal.

“Saat kabur dengan sepeda motor Honda Beat berwarna hitam BG 5930 AAG miliknya, persisnya ketika berada di tikungan, pelaku itu terjatuh. Saat itulah pelaku langsung menjadi bulan-bulan sebelum akhirnya diamankan ke Polsekta Ilir Timur (IT) I Palembang,” ujar korban saat di temui di Mapolsek IT I Palembang.

Sementara itu dihadapan awak media, Padil mengaku jika dirinya baru satu kali melakukan aksi pencurian, dirinya nekat mencuri helm lantaran inggin membeli gitar listrik yang sudah diimpikanya sejak dulu.

“Saya baru satu kali ini melakukan aksi pencurian, itu saya nekat mencuri helem lantaran inggin membeli gitar listrik,” kata Padli singkat saat diamankan di Mapolsek IT I.

Sementara itu, Kapolsek Kemuning, Palembang, AKP Fajar Nur Akbar melalui Kanit Reskrim Polsek Kemuning, Ipda Yahya Roni membenarkan jika ada pengamanan terhadap pelaku pencurian helm. Saat ini pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Polsek Kemuning.

“Karena tempat kejadianya dekat dengan Polsek IT I, makanya korban menyerahkan ke Polsek IT I, namun lantaran TKP masuk wilayah Polsek Kemuning anggota SPK Polsek IT I Palembang melakukan koordinasi dengan kami dan kami langsung menjemput tersangka,” kata Yahya.

Dilanjutkan Yahya, dalam kasus tersebut pelaku bakal dikenakan pasal tindak pidana pencurian. “Untuk mempertangungjawabkan perbuatanya pelaku bakal kita jerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian,” pungkas Yahya.

 

Teks      : Oscar Ryzal

Editor    : Junaedi Abdillah


TAG



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster