Empat Tahanan Kabur, Kapolsek IT II Palembang Dicopot

 37 total views,  3 views today

ilustrasi

ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Setelah menjalani pemeriksaan secara ketat selama dua hari dan terbukti lalai dalam menjalankan tugasnya, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ari Sudrajat, yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsekta) Ilir Timur II Palembang, dicopot dari jabatannya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kepolisin Daerah (Kapolda) Sumtera Selatan (Sumsel), Insektur Jendral Polisi (Irjend Pol) Iza Fadri, melalui Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Palembang, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Sabarudin Ginting, saat di jumpai di Mapolda Sumsel, Senin (12/1).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Kabid Propam Polda Sumsel, ditemukan sejumlah kelalaian dalam menjalankan tugas. Yang bersangkutan selaku pimpinan di polsek dinilai sudah lalai menjaga tahanannya. Untuk itu, ia akan dicopot dari jabatannya dalam waktu dekat ini,” katanya.

Selain mencopot Ari, lanjut Ginting, sejumlah anggota Polsekta IT II Palembang juga akan dikenakan sanksi jika ada kelalaian. Untuk saat ini, anggota Polsekta IT II Palembang masih dalam tahap pemeriksaan dan baru kapolseknya yang dikenakan sanksi karena dialah pimpinan di polsekta tersebut.

Disinggung akankah ada sanksi serupa untuk Kompol Imam Tarmudi selaku Kapolsekta Sukarami Palembang, Ginting menampiknya. Menurutnya, belum ditemukan adanya kelalaian yang dilakukan anggota Polsekta Sukarami saat ada dua tahanan yang kabur beberapa waktu yang lalu.

“Sampai saat ini, Imam Tarmudi masih menjabat sebagai Kapolsekta Sukarami Palembang,” paparnya.

Masih kata Ginting, pemberian sanksi ini merupakan peringatan untuk seluruh Kapolsekta di Palembang.

Ia berharap, tidak ada lagi tahanan yang berhasil kabur dan harus benar-benar fokus saat menjalani tugas. Jika kejadian serupa kembali terulang, Bid Propam Polda Sumsel tak segan-segan memberikan sanksi jika dalam pemeriksaan ditemukan tindak kelalaian.

“Saat ini, masih dicari perwira Polri yang dinilai tepat menempati posisi Kapolsekta IT II Palembang. Kita usahakan bisa selesai dalam pekan ini,” kata Ginting.

Selain pemberian sanksi, Ginting juga berjanji untuk memeriksa kondisi ruang tahanan di polsek kawasan Palembang. Diakuinya, hampir seluruh polsekta di Palembang kondisinya sangat rawan karena faktor usia sehingga mudah dirusak oleh tahanan. Untuk itu, akan ada perombakan terhadap sel tahanan di seluruh polsek di Palembang.

Perkembangan terhadap pencarian empat tahanan kabur di Polsekta IT II Palembang, Ginting mengatakan, sudah satu yang kini sudah kembali mendekam di ruang tahanan. Tahanan yang bernama Aan itu datang menyerahkan diri 24 jam usai melakukan aksi meloloskan diri dari sel tahanan.

Sementara ketiga rekannya hingga saat ini masih dicari. “Kita sudah bentuk tim untuk mencari tiga tahanan yang masih kabur. Kita juga himbau kepada mereka untuk menyerahkan diri. Foto ketiganya akan disenbar melalui media cetak dan elektronik,” kata Ginting.

 

Teks    : Oscar Ryzal

Editor   : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com