BBM Turun, Angkot Pakai Tarif Lama

 120 total views,  3 views today

Ilustrasi Angkot | Dok KS

Ilustrasi Angkot | Dok KS

PALEMBANG – Meski sudah hampir dua pekan Pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dari harga Rp 9500 menjadi Rp7600. Hal ini belum berlaku untuk tarif angkutan kota (Angkot), karena tarif yang dikenakan merupakan tarif lama yaitu Rp3500.

Tamrin, sopir Angkot jurusan Tangga Buntung-Pasar 16 mengungkapkan, tarif Angkot yang diberlakukan masih tarif yang lama karena belum adanya kebijakan pemerintah terkait mengenai penurunan tarif.

“Kita masih pakai tarif lama, belum ada pengumuman untuk penurunan tarif,” katanya saat diwawancarai Harian Umum Kabar Sumatera, Senin (12/1).

Akan tetapi para sopir tidak semata-mata memaksa para penumpang untuk membayar dengan tarif lama, seperti yang di ungkapkan tamrin, ia tetap menerima penumpang yang membayar tarif dibawah Rp3500, dikarenakan BBM juga turun.

“Kami tidak maksa penumpang harus bayar Rp 3500. Karena terkadang ada penumpang dua orang hanya membayar Rp5000 aku terima,” katanya.

Usman, sopir Angkot lainnya bahkan tetap menggunakan tarif lama, karena penumpang sepih disebabkan dampak dari kenaikan BBM sebelum nya, sehingga ia tetap menerima penumpang yang membayar di bawah ketentuan tarif.

“Sekarang kan penumpang sepi, jadi kalau ada yang bayar kurang, ya gak apa2, kan BBM lagi turun,”katanya.

Dengan penurunan BBM yang tidak disertai dengan penurunan tarif Angkot juga membuat masyarakat keberatan, seperti yang diungkapkan Yuli, salah satu penumpang jurusan Pal 5 -Pasar 16, harusnya pemerintah terkait memberikan kebijakan untuk menurunkan tarif Angkot.

“Kemarin waktu BBM naik. Pemerintah juga menaikkan tarif Angkot, nah sekarang kan udah turun, harusnya tarif Angkot juga turun,” katanya.

Ia berharap, pemerintah jangan hanya menaikkan tarif Angkot ketika sedang BBM naik, karena ketika BBM turun tidak disertai dengan yang lain khususnya tarif Angkot.

 

TEKS       : ANDI HARYADI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster