Pemkot Lubuklinggau akan Bedah 24 Rumah

 304 total views,  2 views today

LUBUKLINGGAU – Pemerintah Kota Lubuklinggau dalam hal ini Dinas Sosial Lubuklinggau nampaknya sangat berhati-hati dan selektif memilih penerima program bedah rumah.

Dari 29 rumah yang diajukan ketua RT melalui lurah dan camat lima diantaranya dicoret oleh Dinas Sosial Lubuklinggau,karena dianggap tidak masuk kategori,karena cukup mapan seperti memiliki sepeda motor, televisi,laptop dan lain sebagainya.

Adapun kategori rumah yang layak mendapat bantuan pemerintah yakni memiliki surat keterangan sangat miskin dari Kelurahan, dinding rumah terbuat dari papan atau gribik, lantai tanah atau flur.

“Kita memang selektif menentukan rumah yang akan kita bedah,karena kalau tidak masyarakat lain pasti akan kecewa,lima rumah yang kita coret secara fisik memang memenuhi kategori,tapi kita lihat isi dalam rumahnya,ternyata orangnya mapan,” tegas Kepala Dinas Sosial Lubuklinggau, H Abdullah Matjik melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Bantuan Sosial, Indra Syafei kepada Kabar Sumatera.

Selanjutnya, ia menjelaskan kuota 24 rumah yang akan dibedah tersebut terbagi adil yakni tiga rumah disetiap kecamatan yang ada. Total anggaran yang dihabiskan untuk program ini sebesar Rp 1,2 Miliar,dengan rincian dialokasikan Rp 50 juta per satu rumah yang dibedah.

“Sekarang tahap seleksi sudah selesai dan menunggu proses lelang proyek pembangunannya,paling lambat Maret sudah dilakukan bedah rumah,” kata Afek sapaan Indra Syafei.

Adapun masyarakat miskin yang menerima program bedah rumah 2015 diantaranya, rumah milik, Maimuna, warga Jalan Garuda Gang Batu kuning RT 02 Kelurahan Watas Lubuk Durian, Firol warga Kelurahan Lubuk Tanjung Kecamatan Lubuklinggau Barat I, kemudian di Kecamatan Lubuklinggau Barat II, diterima,Auri warga RT 12 Kelurahan Sidorejo.

Di Kecamatan Lubuklinggau Utara I, rumah milik ,Arizal Aka, warga jalan raden mas RT 02 Kelurahan Petanang Ulu,dan di Kecamatan Lubuklinggau Utara II, rumah milik Arisman warga jalan kenanga II, RT 01 Kelurahan Pasar Satelit,di Lubuklinggau Selatan I,rumah milik Sairin warga RT 02 Kelurahan Air Temam, Lubuklinggau Selatan II, atas nama Yusna warga Jalan H Tambang RT 01 Kelurahan Siring Agung.

Selanjutnya, di Kecamatan Lubuklinggau Timur I, rumah Sadio, warga jalan sejahtera RT 12 Kelurahan Taba Jemekeh, serta di Lubuklinggau Timur II, rumah M Tamrin warga jalan kerabat abadi RT 05 Kelurahan Cereme Taba.

Sejak program ini diluncurkan, setidaknya dari 2013-2014 Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Sosial telah membedah 24 rumah di 72 Kelurahan dan delapan kecamatan di Kota Lubuklinggau.

 

TEKS       : SRI PRADES

EDITOR   : FJA DJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster