Kondisi Jembatan Ruos Semakin Memprihatinkan

 516 total views,  2 views today

OKU SELATAN – Saat ini kondisi Jembatan Ruos yang merupakan jembatan cor beton di antara Desa Bendi dan Desa Pelawi, Kecamatan Buay Rawan, sangat memprihatinkan dan bahkan terancam ambruk. Bagaimana tidak jembatan tersebut semakin hari, semakin terlihat semakin menurun.

Hal ini diperparah dengan adanya genangan air di atas jembatan tersebut di kala musim penghujan seperti ini, bahkan genangan air tersebut mencapai 30 cm dan sangat menggangu kenyamanan pengguna jalan.

Iwan, yang merupakan salah satu pengguna jalan tersebut yang juga merupakan warga kecamatan Banding agung mengeluhkan keadaan Jembatan Ruos ini.

”Saya hampir setiap hari melintasi Jembatan Ruos ini dikarenakan saya membawa dagangan berupa sayur mayur untuk dijual di pasar Muaradua. Jembatan Ruos ini merupakan jembatan satu-satu nya penghubung antara Desa Bendi dan Desa Pelawi dan tidak ada alternatif jalan lain,” ujarnya.

Iwan menambahkan, kondisi Jembatan Ruos menurun ini telah terjadi sejak 2 bulan lalu. Apabila tidak segera diperbaiki maka dikawatirkan akan ambruk dan akan menggangu aktivitas pengguna jalan.

“Apalagi ini merupakan akses satu-satunya untuk menuju ke wilayah Danau Ranau,” pungkasnya.

Jembatan ini juga sebagai akses menuju wilayah objek wisata Danau Ranau yang merupakan kebanggaan warga Kabupaten OKU Selatan. Terlebih lagi jembatan ini juga sering dilewati oleh truk-truk bermuatan berat. Yang terpaksa memperlambat laju kendaraanya sehingga memancing terjadinya perampokan.

Diharapkan kepada pemerintah Kabupaten OKU Selatan, khususnya pihak terkait agar segera memperhatikan kondisi Jembatan Ruos ini jangan sampai menunggu jembatan ini roboh dulu baru diperbaiki, karena jembatan ini merupakan satu-satu nya jembatan penghubung.

Apabila jembatan ini roboh dapat dipastikan hubungan antara wilayah Muaradua dan wilayah Ranau akan terputus total. Hal ini akan memimbulkan kerugian di banyak pihak terlebih lagi bagi masyarakat yang menggantungkan ekonomi keluarganya dengan melintasai jembatan tersebut.

“Kepada pihak terkait tidak menutup mata akan fasilitas umum ini, karena ini menyangkut kepentingan orang banyak,” ujar Iwan.

 

TEKS       : FITRI

EDITOR    : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster