Kantor PT MME Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar

 292 total views,  2 views today

MUARAENIM – Diduga konsleting dari arus pendek listrik membuat beberapa ruang kantor milik PT Menambang Muaraenim (PT MME) hangus dilahap si jago merah.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa dari kejadian tersebut, kerugian materil ditaksir mencapai Rp1 miliar.

Kejadian yang sempat membuat panik dan heboh para karyawan yang sedang bekerja tersebut, terjadi sekitar pukul 04.30 dini hari, kemarin (11/12), di lokasi Operasional Tambang PT MME Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul Muaraenim.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan kobaran api pertama kali diketahui security yang sedang bertugas, sekitar pukul 04.30 WIB.

Melihat kejadian tersebut, mereka berupaya melakukan pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam api ringan APAR yang ada dilokasi. Namun, api semakin cepat membesar, sehingga mereka kesulitan untuk melakukan pemadaman.

Kobaran api baru dapat di padamkan sekitar pukul 07.00 WIB, setelah tim pemadam kebarakan dari PTBA dan Pemkab Muaraenim bahu membahu melakukan pemadaman.

“Melihat situasi tak memungkinkan maka kami melaporkan kejadian dan menghubungi satuan Damkar baik itu dari PT. BA dan Pemkab Muaraenim,” tutur salah seorang security, Rano Hani (28) didampingi rekannya Dodi Ariyanto (29) dan Ahya (50).

Senada dituturkan, Syamsul petugas PT. MME mengatakan dirinya setelah mendapat informasi bahwa ada kebakaran di kantor PT. MME, dirinya langsung menuju ke lokasi dengan membawa air untuk membantu pemadaman api.

“Saya tidak tahu penyebab pasti kebakaran. Namun, berdasarkan informasi berasal dari konsleting arus pendek listrik,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Muaraenim AKBP Nuryanto melalui Kaposek LawangKidul AKP Herli Setiawan membenarkan kejadian tersebut. Kerugian ditaksir, kata dia, mencapai Rp1 miliar. Dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa.

“Seluruh isi yang ada di dalam ruangan berupa lima set meja kursi, satu unit laptop, proyektor, filling kabinet berisi arsif berkas personalia, satu unit Sound system, dua unit AC, empat unit komputer berikut printer, satu set alat ukur grounding,” terangnya.

Api juga menghanguskan ruang Safety Keselamatan Lingkungan yang berisi, komputer empat unit, perlengkapan satu set, perlengkapan medis satu set, AC dua Unit, meja kursi empat set, lemari arsif dua set ludes terbakar.

Lalu, lanjutnya, ruang bios atau logistik juga terbakar, berisi Flotter (alat persetakan gambar/peta), komputer satu unit, empat set meja kursi, dua unit AC, dan Lemari arsif habis terbakar.

“Untuk penyebab kebakaran masih kita selidiki. Kita akan meminta keterangan dari saksi-saksi terutama para sekuriti yang melihat pertama kali kejadian tersebut,” pungkasnya.

 

TEKS       : SISWANTO

EDITOR   : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster