Camat Sungai Menang Lantik BPD Tanpa SK

 1,113 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Pelantikan terhadap 9 anggota BPD Gajah Mati, Kecamatan Sungai Menang, yang belum  mengantungi surat keputusan (SK) oleh Camat Sungai Manang, Kabupaten OKI, Bahrul Amik, dinilai cukup berani, karena bertentangan dengan UU Desa 2006.

Kaur Pemerintahan Desa Gajah Mati, Supen Feri, membenarkan kalau camat telah melantik anggota BPD tersebut dan apa yang dilakukan camat tidak sesuai dengan aturan.

“Ya tidak sesuai aturan, pelantikan itu dilakukan kalau SK-nya sudah turun,” ungkapnya.

Tidak hanya pelatikan yang tanpa SK, anggota BPD juga banyak tidak memenuhi kreteria. Salah satu anggota BPD Gajah Mati yang seharusnya berasal dari warga setempat, banyak diketahui dari mereka yang bukan penduduk asli Desa Gajah Mati.

” Ini kan juga menyalahi aturan,” ungkapnya.

Selain melanggar aturan tentang pelantikan anggota BPD tanpa SK, camat juga menunjuk Pjs Kades Gajah Mati, sesuka hatinya. Pjs Kades yang ditunjuk seharusnya berasal dari warga Gajah Mati, ternyata bukan warga asli Gajah Mati.

“Kades lama diberhentikan karena tersandung kasus narkoba, maka untuk itu ditunjuklah Pjs Kades, tapi ternyata yang ditunjuk bukan orang Gajah Mati,” ungkapnya.

Kepala BPMD OKI, Nursula mengatakan, pelantikan anggota BPD harus disertai SK. Jadi kalau tanpa SK, hal itu jelas menyalahi aturan.

”Ya akan saya cek dulu, tapi kalau memang demikian tentunya sangat menyalahi aturan,” ungkap Nursula.

Camat Sungai Menang, Bahrul Amik, dikonfirmasi belum lama ini, membantah semua hal tersebut, menurutnya apa yang dia lakukan sudh sesuai aturan.

Wakil Bupati OKI, HM Rifai mengungkapkan, kalau memang hal itu benar, artinya camat itu tidak paham akan aturan. Sebenarnya, hal itu sepele, tapi kalau memang terjadi demikian akibatnya juga fatal.

“Saya bingung camat itu paham aturan atau tidak,” tandas Wabup.

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster