Meteran Air Usia Lima Tahun Harus Ganti

 2,017 total views,  2 views today

PALEMBANG – Guna menjaga kualitas meteran air agar tetap baik. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang lakukan penggantian meteran air yang sudah berumur lima tahun keatas.

Direktur Operasional PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya mengatakan, PDAM melakukan penggantian secara rutin meteran air yang berumur diatas lima tahun. Pada tahun 2013 lalu, ada 8.936 unit meteran air yang berumur diatas lima tahun. Sedangkan untuk tahun 2014 berdasarkan data, ada 14.045 unit meteran air yang harus diganti.

“Untuk penggantian meteran air biayanya ditanggung PDAM. Artinya gratis tanpa dipungut biaya. Hal itu perlu di lakukan untuk akurasi ukuran air yang dipakai oleh pelanggan,” ungkapnya, belum lama ini.

Andi mengaku, kendala lapangan dalam melakukan penggantian meteran air tersebut. Misalnya, pemilik rumah tidak ada ditempat dan lainnya. Padahal sebutnya, petugas banyak menemukan meteran air yang tertimbun, meteran yang rusak secara fisik, kaca meteran berembun, tergenang air. Bahkan ada meteran air yang hilang, macet dan tertutup bahan-bahan lain.

“Kami berharap, pelanggan dapat menjaga meteran air ditempat masing-masing,” imbuhnya.

Apabila meteran air dalam keadaan tidak baik. Andi mengaku, bisa merugikan pelanggan itu sendiri, karena meteran terganggu. Apabila, pelanggan menemukan kejanggalan. Maka, pelanggan segera melaporkan ke PDAM terdekat.

“Temuan kami, ada sejumlah pelanggaran seperti meteran air dilubangi, meteran air di lepas, hilang dan bentuk lain sehingga meteran air tidak berjalan sebagaimana mestinya,” katanya.

Tegas Andi, apabila pelanggan dengan sengaja melakukan kesalahan. Maka, pihaknya tidak akan mengganti meterannya secara gratis. Tapi, harus pakai biaya sesuai ketentuan.

“Kalau terbukti melakukan kesalahan sendiri, kami akan berikan denda, dengan mengganti biaya pemasangan baru,” tegasnya.

Andi menambahakan, apabila meteran pelanggan sudah berumur diatas lima tahun atau lebih, bisa menghubungi pihak PDAM dengan melaporkan kepada call center PDAM.

“Silahkan lapor ke call center PDAM Tirta Musi Palembang di 0711-355222 atau SMS ke 08117888282 , sehingga dapat ditindaklanjuti sesegera mungkin,” ulasnya.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Musi Palembang, Cik Mit mengatakan, pihaknya berharap, pelanggan juga memiliki kepedulian terhadap sarana pendukung air bersih ditempat masing-masing termasuk meteran air.

“Jangan ragu untuk melapor, jika dapat keluhan. Karena hal itu bentuk tanggungjawab kami memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan,” tukasnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster