Rencana Proyek 1000 Hektar Sawah di Banyuasin III Terkendala Irigasi

 705 total views,  2 views today

BANYUASIN – Organisasi penggerak pertanian di Kabupaten Banyuasin yang tergabung dalam Himpunan Keluarga Petani (HKTN) Banyuasin berencana membangun proyek persawahan seluas 1000 hektar di Kecamatan Banyuasin III.

Lahan sawah ini akan dibangun di lahan pasang surut yang belum dikelola atau lahan tidur di Kelurahan Seterio seluas 306 ha, Kelurahan Pangkalan Balai 201 ha, Dan Kelurahan Kedondong Raye Kecamatan Banyuasin III seluas 101 ha, serta di Desa Rimba Terab Kecamatan Suak Tapeh 381 ha.

Ketua HKTN Banyuasin Ahmad Roni didampingi sekretaris HKTNBA Edi Suherman dan tokoh masyarakat Banyuasin Syamsuri Anang Jahri mengatakan, dalam membuka lahan tidur menjadi lahan persawahan itu pihaknya akan meminta bantuan pemerintah kabupaten Banyuasin untuk membuatkan parit jalur serta bendungan sepanjang 36,6 km

“Kami akan memanfaatkan lahan tidur  menjadi lahan persawahan, untuk itu kita minta pemerintah untuk membuatkan jalur parit dan bendungan yang panjangnya kurang lebih 36.6 km dengan lebar dan kedalaman bervariasi. untuk Jalur Sekunder Kedalaman 3-4 meter dan lebar 3 meter,” ucap Ahmad Roni saat ditemui di posko HKTN Banyuasin, Ahad (30/11)

Ia berkata, keinginan para petani untuk membuka lahan itu tercetus didalam rapat anggota yang dilaksanakan pada 11 April 2012 silam.

“Dari hasil kesepakatan peserta rapat kami merencanakan percetakan sawah seribu hektar yang bertujuan mengentaskan kebodohan dan kemiskinan sebagian rakyat di Kabupaten Banyuasin,” ujarnya.

Melihat dari potensi, lahan yang akan dijadikan proyek pertanian 1.000 ha, kata Ahmad,  pernah dijadikan untuk bercocok tanam padi dan hasilnya cukup lumayan.

“Kalau pemerintah tak mau bantu, maka kami akan ke Kementerian PU di Jakarta untuk meminta bantu pembuatan saluran irigasi dan bendungan tersebut,” ancamnya.

 

TEKS       : DIDING KARNADI

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster