Lokal Kurang Terpaksa Belajar Siang

 166 total views,  2 views today

Ilustrasi.

Ilustrasi.

• Lokal SMP N 14 Lubuklinggau Kurang

LUBUKLINGGAU – Prihatin melihat Sekolah Negeri 14 Lubuklinggau di Jalan Fatmawati Soekarno Kelurahan Taba Jemeke Kecamatan Lubuklinggau Timur I,sekolah yang berada di perkotaan namun layaknya sekolah dipedesaan.

Selain akses jalan yang belum memadai yakni masih belum diaspal (koral.red), sekolah negeri di kota yang katanya kota terbesar kedua di Sumatera Selatan tersebut sangat minim fasilitas maupun sarana dan prasarana penunjang baik bagi siswa siswi maupun guru.

Kabar Sumatera mencoba menyambangi SMP Negeri 14 Lubuklinggau tersebut. Kondisi jalan menuju sekolah ini memang belum terlalu memadai, kemudian jumlah lokal tak sebanding dengan jumlah rombongan belajar.

“Kita hanya mempunyai enam ruangan, enam lokal inilah yang kita pakai menjadi ruang belajar, ruang guru, ruang Tata Usaha dan Ruang Kepala Sekolah. Sehingga terpaksa untuk kelas VII sekolahnya masuk siang, karena lokal kita kurang,” terang Kepala SMP N 14 Lubuklinggau, Akuansyah kepada Kabar Sumatera, beberapa hari yang lalu.

Ia juga menerangan, SMP N 14 Lubuklinggau memiliki lebih kurang 200 peserta didik dengan tenaga pengajar Pegawai Negeri Sipil hanya 14 orang dibantu dengan beberapa guru honor.

“Guru masih mengalami kekurangan. Di sini banyak honor, PNS hanya14 orang. Kekurangan guru kami ditutupi guru honor untuk mengajar sembilan rombongan belajar,” jelasnya

Ia berkata, kekurangan lain yakni tidak adanya ruangan yang cukup, tidak ada ruang perpustakaan, lab komputer, dan sarana dan prasarana olahraga lainya.

“Komputer baru ada untuk penunjang TU, untuk olahraga baru lapangan bola kaki, terkadang guru duduk diluar karena kekurangan ruang.

Disampaikannya, kebutuhan mendesak yang dibutuhkan yakni ruangan belajar (lokal) dengan ruang guru dan labor komputer dan perpustakaan. Kemudian meminta peningkatan akses jalan menuju sekolah yang masih koral, serta kelengkapan penunjang kegiatan belajar dan mengajar lainya.

 

TEKS       : SRI PRADES
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster