Jamur “Tenawan” Kini Diburu

 3,365 total views,  4 views today

Jamur Tenawan | Foto : Joen KS

Jamur Tenawan | Foto : Joen KS

INDERALAYA – Jamur Daging, atau Jamur “Tenawan kini menjadi buruan masyarakat Ogan Ilir (OI), khususnya di Kecamatan Tanjung Batu. Pasalnya, jamur kini menjadi menu santap sebagian warga. Dengan beraneka ragam rasa dan varian, menjadi salah satu penyebab jamur menjadi diburu.

Namun, untuk mendapakannya, warga harus rela keluar masuk hutan untuk mendapatkannya. Di Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI) dimusim penghujan ini banyak sekali warga yang mencarinya di hutan karena diketahui jamur jenis ini suka tumbuh ditempat lembab di hutan bila musim penghujan.

“Kami mendapatkannya untuk diolah menjadi tambahan menu santap, rasanya seperti kunyahan daging bila mampir dilidah. Bila pengolahannya benar maka jamur ini tak kalah dengan lauk pauk lainnya,” ucap Rosid, Warga Kelurahan Tanjung Batu, kemarin.

Ia menambahkan, sekarang ini banyak sekali warga yang mencarinya di hutan walaupun yang lakukannnya sulit, namun warga rela memburunya. Bahkan, di pasar pun jamur tersebut sulit ditemukan.

“Bahkan kalau tahu cara pengolahannya jamur ini bisa dijadikan keripik dan gulai,” pungkasnya.

 

Teks      : Junaedi Abdillah/noviandi

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster