164 Peserta CPNS OKI tak Ikut Tes

 228 total views,  2 views today

Ilustrasi CPNS | Dok KS

Ilustrasi CPNS | Dok KS

KAYUAGUNG – Dari 2.091 peserta yang terdaftar pada seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), ada 164 peserta ternyata tidak mengikuti tes yang diselenggarakan sejak 18-22 November lalu di BKN Regional Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut Sekretaris Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) OKI, Ibnu Hajar, mereka yang tidak ikut tes ini dipastikan tidak akan lulus. “Otomatis mereka tidak lulus karena tidak ikut tes. Bagi mereka yang mengikuti tes, informasi kelulusannya insyaallah akan kita umumkan paling lambat Januari 2015. Tapi mudah-mudahan bisa lebih cepat,” ujar Hajar, Ahad (30/11) siang.

Dikatakan Hajar, belum bisa dipastikannya jadwal pengumuman kelulusan ini karena masih ada kabupaten/kota di Sumsel yang belum menggelar tes.

“Biasanya pengumuman kelulusan CPNS ini digelar serentak di kabupaten/kota yang membuka penerimaan. Tapi karena masih ada yang belum menggelar tes seperti Kabupaten PALI, Panselnas belum menetukan jadwal pengumuman,” bebernya.

Mengenai apakah ada kendala dalam pelaksanaan tes, Hajar mengatakan, pada umumnya para peserta telah memahami metode tes yang dipilih, sehingga para peserta tidak terlalu dipusingkan oleh sistem tes yang ada. “Tinggal lagi jawaban yang diberikan, apakah memenuhi kriteria penilaian atau tidak. Kalau jawabannya benar mudah-mudahan bisa lulus,” terangnya.

Hajar juga menuturkan, bahwa standar kelulusan bagi setiap peserta harus memenuhi beberapa kriteria dan setiap kriteria ada batasan minimal kelulusannya.

“Ada tiga kategori tes untuk penerimaan CPNS tahun 2014 ini, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU) dan Tes Kemampuan Pribadi (TKP). Setiap kategori tes ada batasan minimum kelulusannya,” jelasnya.

Dirincikannya, untuk TWK batasan minimum kelulusan yakni 70, TIU batasan minimum kelulusannya 75 dan TKP batasan kelulusannya 126.

“Jadi standar minimun untuk bisa masuk passing grade adalah 292. Masuk passing grade itu belum tentu lulus, karena harus bersaing dengan peserta lain yang memiliki nilai tertinggi. Untuk bisa lulus juga, setiap materi tesnya harus memenuhi standar penilaian, percuma kalau nilainya 300 lebih tetapi pada materi tes tertentu nilainya dibawah standar penilaian, misalnya untuk TWK nilai kita hanya 60, itu juga dipastikan yang bersangkutan tidak lulus,” tandasnya.

Pihak BKD OKI juga berharap kuota CPNS OKI sebanyak 99 orang bisa terpenuhi. “Mudah-mudahan kuota kita bisa terpenuhi, sebab bisa saja kuota tidak terpenuhi kalau pada formasi yang dibutuhkan tidak ada peserta yang memenuhi kriteria kelulusan. Itu sama saja kebutuhan formasi kita sia-sia,” pungkasnya.

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster