PT Pelabuhan II Palembang Pacu Layanan

 1,074 total views,  2 views today

Aktivitas bongkar Muat Peti Kemas. | Foto ; Bagus Kurniawan KS

Aktivitas bongkar Muat Peti Kemas. | Foto ; Bagus Kurniawan KS

PALEMBANG – Untuk meningkatkan pelayanan kepada jasa pelabuhan, PT Pelabuhan II Cabang Palembang, Sumatera Selatan, menambah perlatan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru, hal ini bertujuan agar mempercepat kemajuan dalam bongkar muat barang.

Advisor Humas, Pemasaran, dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang, Fransiska Riana S mengatakan, pihaknya terus melengkapi perlatan bongkar muat, dengan menambah beberapa alat baru yang dapat menunjang aktivitas di dermaga peti kemas dan konvensional ini.

“Dengan adanya penambahan peralatan baru ini diharapkan mampu memberikan pelayanan jasa kepelabuhan semankin baik serta dapat mengimbangi peningkatan aktivitas bongkar muat yang trennya dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat,” katanya, Jumat (28/11).

Menurutnya, dalam empat tahun terakhir ini, pihaknya telah melakukan penambahan beberapa peralatan bongkar muat baru di Pelabuhan Boom Baru Palembang. Ada beberapa perlatana yang di tambah seperti, Container Crane, Rail Mounted Gantry Crane (RMGC), Top Loader, Forklift, Head Truck, dan Jeb Crane untuk menunjang kegiatan bongkar muat di dermaga peti kemas dan dermaga konvensional.

“Rencana pihaknya juga akan menambah kapisitas daya tampung dengan memperluas lapangan peti kemas, lapangan penumpukan, dan gudang,” katnya.

Untuk menambah kapasitas daya tampung pelabuhan, sekarang ini terus dilakukan penataan dan perluasan dengan merelokasi semua perkantoran milik mitra kerja di sekitar Pelabuhan Boom Baru.

“Semua perkantoran yang bisa dioperasikan di luar area pelabuhan diupayakan dipindahkan di tempat baru sehingga lahannya bisa difungsikan untuk lapangan peti kemas dan membangun gudang baru penyimpanan sementara barang nonpeti kemas,” ujarnya.

Relokasi perkantoran yang telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir itu, bisa dilakukan dengan baik karena sesuai perjanjian, masing-masing mitra bersedia pindah ke luar area pelabuhan kapan pun PT Pelindo membutuhkan lahan yang dipinjamkan kepada mereka.

“Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan PT Pelindo II Cabang Palembang dapat mengoptimalkan pelabuhan sungai di kota itu yang aktivitasnya setiap tahun terus mengalami peningkatan,” kata Fransiska.

 

TEKS  : AMINUDDIN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster