Miliki Peran Hampir dengan SKPD, Kinerja Kades Diragukan

 197 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang sedikit meragukan kinerja para Kepala Desa (Kades) di bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Apalagi, mulai 2015 mendatang peran kades sudah menyamai kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Demikian dismpaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang H Burhansyah. “Mengacu Undang-Undang Normor 6 tahun 2004 tentang desa, peran kades luar biasa. Sama seperti SKPD dalam pengelolaan anggaran desa cukup besar. Makanya kita sedikit ragu, siapkah Kades di Empat Lawang,” kata Burhansyah, kemarin.(28/11).

Menurut dia, perangkat desa dituntut untuk menciptakan desa yang mandiri dan berintegritas. Nah, Pemkab Empat Lawang masih sangsi dengan peran kades kedepannya, sehingga perlu dilakukan sosialisasi yang matang sehingga tidak ada timbul masalah yang signifikan ketika kades mengelola keuangannya sendiri.

“Kami yakin kedepannya banyak permasalahan kades, sebab kita masuk babak baru dimana kades dituntut untuk bekerja sesuai aturan berlaku,”jelasnya.

Burhansyah menyebutkan, pemeriksaan administrasi kepala desa tidak lagi pada tataran inspektorat maupun BPKP, melainkan sama halnya dengan pemeriksaan SKPD yakni diperiksa oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Kades sudah harus memikirkan dalam menuju desa mandiri tersebut, kades harus didampingi para sarjana di bidangnya sehingga administrasi tidak jadi permasalahan.

Sebut Burhansyah bukan seperti sekarang, perangkat desa masih memiliki hubungan darah, namun dituntut untuk bekerja mereka tidak mau. Ujung-ujungnya banyak kasus yang menimpa mereka.“Bila perlu cari konsultan sehingga terarah,”ujarnya.

Selanjutnya, untuk mengelola keuangan desa itu, kades diminta bersinergi dengan anggota BPD, BPD Bukan musuh, mereka mitra dalam membangun daerah mewujudkan visi misi Bupati Empat Lawang yang EMASS Nan Gemilang. “Ajak rembuk bersama dengan BPD, sehingga pembangunan di desa berjalan lancar, mengapa dikelola desa dikarenakan desa agar berkembang secepatnya layaknya kota,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Empat Lawang H Aminudin Bahar menyampaikan, kades diminta untuk terus memperbaiki kualitas diri, sehingga berjalan dengan rapih administrasinya.

“Kita mulai belajar dari sekarang, sehingga kedepannya tidak kelabakan dan menuai masalah,” tukasnya.

 

TEKS      : SAUKANI
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster