Kesadaran Berdonor Darah Masih Rendah

 201 total views,  2 views today

Ilustrasi Donor Darah | Foto : Bagus Kurniawan

Ilustrasi Donor Darah | Foto : Bagus Kurniawan

PAGARALAM – Tingkat kesadaran untuk mendonorkan darah, sejauh ini dinilai masih dinilai rendah. Kenapa tidak, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) belum lama ini, yang menyempatkan Bakti Sosial (Baksos) donor darah digelar, masih sedikit kantung darah yang berhasil disumbangkan ke Instalasi Tranfusi Darah (ITD), yakni hanya 8 kantung.

Kepala ITD, Nopi Karlina, melalui Kepala Ruangan, Candra Lika AMKeb mengatakan, sekarang ini untuk pendonor darah di ITD masih dinilai sedikit. Sehingga cukup kewalahan dalam memenuhi kebutuhan dari pasien yang membutuhkan kantung darah.

“Ya, kita cukup kewalahan memenuhi permintaan pasien setiap harinya, apalagi kondisi bank darah terkadang mengalami kekosongan. Sebagai solusinya, diminta partisipasinya para pendonor dari pihak keluarga pasien untuk mengatasi hal tersebut,” katanya, kemarin (28/11).

Mengenai kekosongan stok kantung darah ini lanjutnya, pihak ITD cukup kerap mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan darah AB.

“Khususnya kantung darah golongan AB, bisa dikatakan cukup langka, apalagi dari pendonor sukarela,” terangnya.

Ia mengatakan, untuk pemenuhan kebutuhan kantung darah, juga dimanfaatkan momen-momen peringatan hari besar, seperti belum lama ini pada peringatan HKN. Tapi sayang, jumlah kantung darah yang dihimpun masih belum begitu memadai.

“Melalui kegiatan itu, hanya sekitar 8 kantong darah yang berhasil dihimpun, yakni dari golongan darah B sebanyak 5 kantong, golongan darah A sebanyak 1 kantung dan 2 kantung golongan darah  O. Sementara yang menyumbangkan donor dimaksud berasal  dari kalangan PNS, TNI dan umum,” jelasnya seraya berujar untuk pendonor darah AB hingga saat ini  belum berhasil didapat.

 

TEKS    : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster