Antisipasi Listrik Padam, Pemkot Palembang Beli Genset Seharga Rp 3 Miliar

 218 total views,  4 views today

Ilustrasi Listrik | Ist

Ilustrasi Listrik | Ist

PALEMBANG – Pembangkit listrik atau mesin genset berkapasitas 800 Kilo Volt Amper (KVA) untuk mengaliri listrik di lingkungan kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang ketika listrik padam, akhirnya tiba setelah ramai di pertanyaan banyak pihak.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera, Jum’at (28/11), mesin berukuran besar dengan merek Parkis itu tiba di halaman kantor Pemkot Palembang sekitar pukul 09.30 WIB, diangkut menggunakan mobil Trukc Fuso.

Berdasarkan informasi, mesin genset yang menelan dana sebesar Rp 3 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang Tahun 2014 itu, didatangkan langsung dari luar negeri.

“Sebenarnya sudah tiba hari selasa lalu. Tapi, baru bisa di bawah ke Pemkot hari ini (kemarin), karena beberapa hari terakhir kami lakukan perbaikan tempat genset itu,”ungkap, salah seorang pegawai di lingkungan Pemkot Palembang, yang enggan disebutkan namanya. Saar ditemui, Jum’at (28/11).

Ia mengaku, sebenarnya ia enggan bicara banyak. Mengingat pengadaan genset tersebut dipertanyakan oleh banyak pihak. Ia takut masalah itu dibesar-besarkan.

“Bahan bakar untuk operasi mesin itu, menggunakan solar dengan kapasitas 135 liter per jam,”akunya.

Wakil Ketua DPRD Palembang, M Adiansyah mengatakan, seharusnya mesin genset tersebut sudah lama dimiliki Pemkot Palembang, karena dananya dianggarkan melalui APBD Induk Kota Palembang tahun 2014.

“Sesuai anggarannya, mesin genset itu dianggarkan sebesar Rp 3 miliar, untuk menerangi kantor Pemkot Palembang, ketika PLN memadamkan lampu,”katanya.

Menurutnya, dengan alokasi dana sebesar Rp 3 miliar tersebut, pelayanan masyarakat yang menggunakan aliran listrik tidak terganggu. Namun, faktanya selama pemadaman listrik oleh PT PLN beberapa waktu lalu, kantor tersebut tidak bisa melayani masyarakat secara optimal karena tidak tersedianya genset.

“Kami harap, kedepan bisa lebih optimal. Apalagi, mesin tersebut sudah ada. Jadi tidak ada alasan lagi pelayanan terhambat karna lampu padam,”dijelaskannya.

 

TEKS     : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster