Antisipasi Banjir, Dinsos Sumsel Siapkan Bantuan

 132 total views,  4 views today

Genangan Air yang Sudah Muncul dibeberapa Titik Kota Palembang | Foto : Bagus Kurniawan

Genangan Air yang Sudah Muncul dibeberapa Titik Kota Palembang | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Bencana banjir bandang yang menimpa beberapa Kecamatan di Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) beberapa hari kemarin, menjadi fokus dari Pihak Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumsel untuk menyediakan segala macam bantuan bagi para korban banjir tersebut.

Kepala Dinsos Sumsel, Apriyadi mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada Dinsos setempat agar menyediakan keperluan kepada para korban banjir untuk meringankan kebutuhan yang mereka inginkan.

“Kita menerima laporan bahwa terdapat empat kecamatan di Muratara yang terendam banjir bandang akibat luapan sungai yang berasal dari daerah Rupit. Oleh karena itu, semua persedian yang ada di Buffer Stock sudah kita inventarisir jika dari pemda setempat menginginkan tambahan bantuan,” kata Apriyadi, Jumat (28/11).

Adapun cadangan yang diinventarisir tersebut, lanjut Apriyadi, yaitu kebutuhan pangan dan sandang seperti beras, obat-obatan, tenda, perlengkapan dapur dan kebutuhan lainnya.

“Sekarang semua cadangan kebutuhan masih aman di gudang penyimpanan. Apalagi di tiap Kabupaten/Kota juga masih mempunyai persediaan 100 ton beras cadangan yang akan digunakan jika terdapat Kondisi Luar Biasa (KLB),” urainya.

Untuk mengantisipasi ini, pihaknya telah memberikan surat edaran kepada Dinsos di Kabupaten/Kota agar mensosialisasikan kepada masyarakat supaya mewaspadai bencana alam yang besar terjadi di musim penghujan ini terutama banjir, longsor serta Puting Beliung.

“Kita juga menghimbau kepada warga yang bermukim di bantaran sungai supaya sebisa mungkin mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Kemudian janganlah panik kalaupun banjir sudah terjadi karena itu merupakan rutinitas tiap tahunnya,” sampainya.

Sudah menjadi rutinitas juga kalau musin penghujan ini, pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Kesehatan (Dinkes) selalu bersiaga untuk mengatasi bencana ini.

 

TEKS        : IMAM MAHFUZ

EDITOR       : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster