Pemkab Muara Enim Siapkan Lahan Kopi 16.000 Ha

 912 total views,  2 views today

Ilustrasi Kopi Semendo Asli Sumsel | Dok KS

Ilustrasi Kopi Semendo Asli Sumsel | Dok KS

MUARA ENIM – Sebanyak 16.000 hektar lahan dari pelepasan kawasan hutan lindung dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia di tiga kecamatan Semende, rencananya akan dioptimalkan sebagai lahan perkebunan kopi oleh Pemkab Muaraenim.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Muaraenim, Ir Mat Kasrun mengatakan bahwa luas lahan yang dilepas dari kawasan hutan lindung oleh Kementerian Kehutanan Republik Indonesia atas usulan dari Bupati Muaraenim adalah seluas 16.000 hektar.

Namun, kata dia, angka luasan lahan yang dilepas itu akan dikoordinasikan dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Muaraenim. Sebab, secara riil lapangan, diperkirakan hanya tersisa 20 persen lahan saja yang belum digarap sisanya sudah dirambah dan dipergunakan masyarakat untuk berkebun.

“Akan kita inventaris dulu, lahan mana yang belum dan sudah digarap dari 16.000 hektar itu, sebab saya prediksi dari 16.000 hektar itu sudah dimanfaatkan warga saat ini,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Mat Kasrun, sesuai instruksi Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar bahwa luas lahan hasil dari usulan pelepasan kawasan hutan tersebut akan dijadikan perkebunan kopi.

“Jika sudah jelas lahan yang belum digarap itu, maka sisanya kita garap. Bisa peremajaan kebun kopi atau pembukaan lahan baru,” terangnya.

Sementara itu, sebelumnya Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar mengatakan bahwa Muaraenim telah menerima pelepasan lahan dari Menteri Kehutanan RI seluas 16000 hektar dari kawasan hutan lindung.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan masyarakat daerah Semende untuk tidak membabat liar hutan lindung secara bebas, sebab kawasan Semende hutannya sudah dijadikan kawasan resapan air.

“Saya minta Dishut dan pihak terkait bersama masyarakat setempat untuk dapat memanfaatkan lahan seluas 16.000 hektar itu dan dapat diopimalkan menjadi kebun kopi bagi masyarakat Semendo nantinya,” harap Muzakir.

 

TEKS       : SISWANTO
EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster