Panti Sosial Anak Asuhan Diduga tak Sesuai Aturan

 286 total views,  2 views today

Anak Jalanan | Bagus Park

Anak Jalanan | Bagus Park

PALEMBANG – Untuk meminimalisir penyalahgunaan wewenang yang dilakukan pemilik Panti Sosial Anak Asuhan (PSAA), Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui, Dinas Sosial (Dinsos) Palembang, akan segera melakukan razia sekaligus menertibkan sejumlah PSAA yang diduga tidak sesuai dengan aturan berlaku.

Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial, Dinsos Palembang, Juana Ria mengatakan, razia akan di lakukan dengan menyisir ke 111 panti asuhan yang terdata di Dinsos Palembang. Karena, pihaknya menduga tidak seluruh panti tersebut benar-benar menjalankan fungsinya untuk menampung anak yatim piatu ataupun anak terlantar.

“Dalam melakukan razia, akan dilakukan siang dan malam hari. Dalam razia tersebut, kami akan cek kelengkapan dan keabsahan berdirinya panti tersebut. Jangan sampai dana yang di alokasikan Pemkot Palembang untuk mereka disalahgunakan,”ungkapnya, belum lama ini.

Juana mengaku, dalam melakukan pengawasan terhadap panti itu di atur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 35 Tahun 2012.

“Apabila sebuah panti asuhan sesuai aturan, kami tidak akan tertibkan. Tapi, kalau terbukti tidak berizin dan tidak sesuai dengan ketentuan, kami akan tutup,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Palembang, Adi Sangadi mengatakan, pihaknya mengapresiasi positif langkah yang akan dilakukan Dinsos Palembang tersebut. Karena, berdasarkan peninjauan yang dilakukan KPAID ke beberapa panti asuhan, ternyata ada yang memanfaatkan panti asuhan untuk menghasilkan keuntungan diri sendiri.

“Kami sudah pernah menemui hal itu. Bahkan, berbagai kasus pelecehan seksual terhadap anak kerap terjadi di panti asuhan yang ternyata dilakukan oknum pengurus panti tersebut. Dan parahnya lagi, PSAA di Palembang ini lebih dari 100,”katanya.

Adi menambahkan, pihaknya rutin melakukan peninjauan, tapi secara tertutup. Artinya, pemilik tidak mengetahui bahwa KPAID sedang melakukan razia.

“Kalau tidak rahasia. Ya nanti pengelola panti akan berusaha memperbaiki sejumlah hal yang salah,” tukasnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster