“Omset Kami Turun Dratis”

 234 total views,  6 views today

Ilustrasi Rumah Makan | Dok KS

Ilustrasi Rumah Makan | Dok KS

PALEMBANG – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak hanya berpengaruh pada harga sembako, namun juga berimbas ke pendapatan para penjual makanan, salah satunya penjual nasi. Seperti disampaikan Nasrul Hadi, pemilik Warung Nasi Ampera Ambo di seputaran Simpang Lima Lebong Siarang Palembang, omsetnya pasca kenaikan BBM memang sedikit menurun.

“Sangat terasa imbas dari kenaikan BBM, terlebih ke omset penjualan nasi. Untuk menjaga pelanggan kita, harga menu makanan tidak terlalu kita naikkan, sehingga berdampak pada pendapatan kita yang menurun,” katanya kepada Kabar Sumatera, Kamis (27/11).

Harga ayam dan beras dirasakan kenaikannya, sehingga mereka harus menaikkan harga ayam dari Rp 12 ribu menjadi Rp 13 ribu. Untuk porsi nasi dan sayur agak dikurangi dari porsi sebelumnya, untuk menekan pengeluaran pengolahan.

Selain itu, penjualan nasi menurun dari sebelum kenaikan BBM bisa terjual hingga 4 termos wadah nasih. Sekarang menurun drastis hingga 2,5 termos wadah nasi.

“Ya, sekarang kita pasrah saja terhadap kebijakan pemerintah. Semoga dengan adanya kenaikan BBM ini, keuntungannya akan terasa tidak hanya untuk kami tapi juga ke masyarakat,” paparnya.

Sama halnya juga di Warung Nasi Popon Manohara di sekitaran Pakjo Palembang. Pemilik warung, Popon, terpaksa menaikkan harga jual nasi karena tingginya harga Sembako di pasar.

“Kemarin harga cabai yang naik, walau sekarang turun tapi harga sembako lainnya yang naik. Terpaksa kita naikkan harga menu makanan disini, kalau tidak pasti kita bakalan rugi,” ujarnya.

Seperti harga menu Nasi Empela dari Rp 9 ribu menjadi Rp 10 ribu. Para pelanggannya pun sempat kaget dengan kenaikan harga nasinya dan ini sangat berpengaruh pada penjualan nasinya yang sedikit menurun.

“Kepada pemerintah, kita harapkan agar menentukan kebijakan jangan sampai terlalu merugikan masyarakat kecil seperti kami,” ungkapnya.

 

TEKS      : YUNI DANIATI

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster