Lubuklinggau Minim Penyuluh Pertanian

 452 total views,  2 views today

LUBUKLINGGAU – Wali Kota Lubuklinggau meminta agar bidang pertanian menjadi andalan, meski di Kota Lubuklinggau tidak menjagokan pertanian,melainkan jasa ,industri dan perdagangan. Penegasan ini disampaikan Wali Kota Lubuklinggau usai melantik pengurus KTNA Lubuklinggau.

“Dengan apa yang dimiliki Kota Lubuklinggau ini saya optimis dengan adanya juga pengurus KTNA ini pertanian di Lubuklinggau akan lebih berpotensi,Lubuklinggau harus menjadi andalan, meskipun bukan bidang pertanian yang kita jagokan,” kata Nanan sapaan H SN Prana Putra Sohe.

Wali kota Lubuklinggau juga meminta kepada pengurus KTNA Lubuklinggau agar mengurus lembaga dengan baik dan benar,agar organisasi tani tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuan organisasi.

Diterangkan Nanan,Lubuklinggau masih memiliki banyak ruang terbuka hijau dan 2000 lahan tidur yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian. Sementara itu, Ketua KTNA Sumsel, Basir KTNA Lubuklinggau masih minim penyuluh pertanian disetiap desa/kelurahan.

“Rintangan kita saat ini adalah masih membutuhkan penyuluh untuk KTNA, setiap desa harus ada penyuluh pertanian, ada peluang yang selama ini dimanfaatkan yaitu penyuluh swadaya,” kata Basir.

Dengan adanya penyuluh pertanian tersebut, para petani dapat menjadi petani yang lebih baik dalam mengurus kebunya,sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik juga,karena bisa berkonsultasi dengan penyuluh

Dia meminta kepada KTNA Lubuklinggau memanfaatkan infrastruktur memadai yang disiapkan dan bantuan bibit bibit tanaman yang disiapkan Pemerintah Kota Lubuklinggau, dan memiliki tanah yang subur.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan, Kehutanan dan Hultikultura Lubuklinggau, Subandio Amin menyampaikan gerakan aksi menanam pohon Indonesia dan bulan menanam Indonesia. November merupakan bulan yang dicanangkan oleh Pemerintah

“Kegiatan ini berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia nomor 24 tahun 2008, untuk tingkat nasional dipimpin Presiden RI,kemudian tingkat kota dipimpin oleh wali kota,” kata dia.

Penanaman pohon ini dilakukan baik dilingkungan terbuka, maupun lingkungan rumah.Di tahun ini pihaknya akan mendistribusikan bantuan bibit Pepaya Kalina sebanyak 5000 batang dan sirsak madu sebanyak 5000.

“Siapapun yang mau minta bibit silahkan ajukan surat ke kantor, kalau tidak ada adminitrasi tidak akan diberi,” kata Subandio Amin.

Untuk diketahui, penanaman 1 miliar pohon, Kamis (27/11) Pemerintah Kota Lubuklinggau dengan dipimpin Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe melakukan penanaman pohon dibumi Perkemahan Sibiduk Semare di Kelurahan Taba Rejo Kecamatan Lubuklinggau Selatan I,

Selain menanam pohon, Walikota Lubuklinggau juga menyerahkan bantuan kepada PD Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) berupa satu unit motor,traktor 10 unit dan penyerahan bibit tanaman dan buah-buahan kepada PD KTNA Lubuklinggau.

TEKS:SRI PRADES
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster