DPM Ogan Ilir Apresiasi Bupati OI

 199 total views,  2 views today

PALEMBANG – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Dewan Pemuda dan Mahasiswa Ogan Ilir (OI) (DPM- OI), Kamis (27/11) melakukan pembagian bunga, kepada mahasiswa yang ada di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Patah Palembang, hal itu dilakukan sebagai bentuk pernyataan sikap, mengapresiasi dua periode kepemimpinan Bupati OI, Ir H Mawardi Yahya.

Koordinator Aksi (Korak), Sobirin mengatakan, Kabupaten OI merupakan Kabupaten pemekaran Ogan Komering Ilir (OKI) yang terbilang baru dimekarkan, yakni 7 Januari 2014 dan diresmikan langsung oleh, Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Gagasan utamanya dilakukan mahasiswa. Dan diusulkan kepada DPRD OKI, yang masa itu dipimpin oleh Mawardi Yahya, alhamdulillah, pak Mawardi langsung mengapresiasinya, kemudian diusulkan kepada anggota DPRD lainnya untuk dijadikan fokus utama tentang pemekaran,” katanya, Kamis (24/11).

Sambung Sobirin, melalui hak inisiatif DPRD OKI, mereka menganggarkan untuk survey pemekaran Kabupaten OKI yang bekerjasama dengan STPDN Jatinangor Jawa Barat. Dalam survey nya, pijak STPDN menganilis lebih mendalam 7 kriteria sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 129 Tahun 2000.

“Hasil akhirnya, merekomendasikan Kabupaten OKI sangat layak dimekarkan menjadi 2 kabupaten. Yakni OKI dan OI, dengan masing-masing 6 Kecamatan,” ujarnya.

Sobirin menyebutkan, dengan jumlah penduduk 356,034 jiwa. Lamban tapi pasti, kehidupan masyarakatnya mulai membaik. Sementara populasi penduduk Kabupaten OI, berasal dari tigas suku yakni, Pegegan Ulu, Penesak dan Suku Pegagan Ilir.

“Mudah-mudahan kedepan kehidupan masyarakat bisa lebih baik,” harapnya.

Ujar Sobirin, dengan dua periode kepemimpinan Mawardi Yahya, banyak keberhasilan yang dilakukannya. Seperti, terbukanya keterisoliran desa-desa yang ada di Kecamatan, pembangunan infrastruktur baik pisik maupun non fisik.

“Di akhir kepemimpinannya, pak Mawardi berhasil merampungkan kantor Pemerintahan Kabupaten OI, itu merupakan kado teristimewa yang akan diwariskan untuk kepemimpinan berikutnya,” katanya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster