Bupati OI : Kita Harus Siaga Hadapi Bencana Banjir

 244 total views,  4 views today

Simulasi Siaga Bencana Oleh BNPB Ogan Ilir | Dok KS

Simulasi Siaga Bencana Oleh BNPB Ogan Ilir | Dok KS

INDERALAYA — Hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI) sejak beberapa hari terakhir. Hal itu menyebabkan kondisi debit air di rawa lebak, serta daerah diperairan kian meningkat.

Untuk menanggulangi bencana banjir, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten OI, Kamis (27/11) menggelar apel siaga dalam rangka penanggulangan bencana yang di pusatkan di Desa Tanjung Putus Inderalaya.

Apel siaga penanggulangan bencana tidak hanya melibatkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OI saja, adapun dari unsur Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Tagana, Pemadam Kebakaran (PBK), Dinas Kesehatan (Dinkes), hingga relawan pun, turut dilibatkan.

Apel tersebut dipimpin langsung Bupati OI, H Mawardi Yahya serta diisi dengan kegiatan simulasi atau skenario penanggulangan korban bencana banjir.

Dalam kesempatannya, Bupati OI mengatakan, Kabupaten OI hampir setiap tahun dilanda bencana banjir sejak 8 tahun terakhir. Hal itu seperti terjadi di Kecamatan Pemulutan, Inderalaya. “Bahkan, di Kecamatan Muara Kuang yang lebih parah lagi. Untuk itu, saya mengharapkan kepada saudara-saudara, mulai saat ini siaga hadapi bencana banjir,” tutur Bupati OI, Kamis (27/11).

Bupati menambahkan, siaga penanggulangan bencana dimulai dari beberapa tahapan diantara siaga pra bencana, penanggulangan, tanggap darurat hingga kesiapsiagaan memberikan bantuan kepada korban yang mengalami bencana banjir.

“Kepada warga masyarakat pun, saya minta kesiapsiagaannya untuk menghadapi bencana. Mengingat, wilayah Kabupaten OI, didominasi rawa-rawa yang hampir setiap tahun dilanda bencana banjir,” tutur bupati.

Teks   : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster