Aktifitas Walikota Lubuklinggau, “Ngasah” Batu Akik di Waktu Senggang

 320 total views,  6 views today

LUBUKLINGGAU – Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe selepas mengikuti sejumlah agenda kegiatan kerjanya kemarin yang cukup padat, diwaktu luangnya menyempatkan diri rehat sejenak di Gazebo kawasan objek wisata Bukit Sulap.

Orang nomor satu di bumi Sebiduk Semare itu memanfaatkan waktu senggangnya untuk beraktivitas mengasah batu akik. Dimana kawasan Bukit Sulap disamping sebagai kawasan objek wisata juga dijadikan sebagai tempat sentra atau grosir pembuatan serta penjualan batu akik yang saat ini pecinta batu akik memang tengah buming.

Tak ayal pecinta dan kolektor batu akik hampir setiap hari menyosor lokasi tersebut. Tak terkecuali Nanan, yang mana kemarin dia juga membawa sejumlah tamu salah satunya mantan Wali Kota Palembang, H Husni Thamrin didampingi kerabatnya yakni Effendy BA, H M Basar.

“Dulu banyak saya koleksi, tapi dari Baturaja (lavender dan spirtus). Jadi, ceritanya dulu batu-batu akik koleksi saya sering saya jadikan oleh-oleh buat pejabat yang datang,” ungkapnya.

Bekas orang nomor satu dikota empek-empek itu, juga sangat mendukung upaya yang dilakukan pemerintah kota (Pemkot) Lubuklinggau dengan menyediakan tempat, membantu peralatan bagi pengrajin batu akik.

“Batu lokal bagus-bagus, perlu dikembangkan. Dan saya mendukung upaya Pak Wali,” bebernya.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dihadapan mantan Wali Kota Palembang, H Husni Thamrin menjelaskan di bumi Silampari yang meliputi Lubuklinggau, Kabupaten Mura dan Muratara jenis batu akik cukup banyak bahkan beragam motif serta corak. Diantaranya mulai dari batu akik jenis tawon, teratai dan cempaka (sunkis).

Dalam kesempatan itu, Nanan yang juga cukup banyak memiliki koleksi batu akik menjelaskan, kenapa dirinya langsung turun mengasah batu akik.

“Kalau ngasah batu, memang ada tantangannya. Jadi bisa memilih motif yang diinginkan sesuai corak batu. Kita bisa milih langsung bentuk, dan keinginan selera,” terangnya.

TEKS:SRI PRADES
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster