Pemkot Palembang Hapus Aset tak Berguna

 279 total views,  2 views today

PALEMBANG – Sejumlah aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang saat ini masih banyak dalam kondisi rusak. Padahal, berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 8 Tahun 2012, sejumlah aset yang dalam keadaan rusak dan tidak lagi memiliki kegunaan, seharusnya segera dihapuskan dari daftar aset yang dimiliki Satuan Keja Perangkat Daerah (SKPD).

Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Hoyin Rizmu mengatakan, beberapa aset milik Pemkot Palembang yang tersebar di beberapa dinas/badan/kantor harus bisa dipantau dan dilakukan pencatatan agar tertib administrasi.

“Kami sudah sering mendapat teguran dari pimpinan! terkait banyaknya aset daerah yang rusak, yang menumpuk dan masih belum juga didata dengan baik,” ungkapnya, Rabu (26/11).

Hoyin menyebutkan, berdasarkan Perwali Nomor 8 Tahun 2012, sejumlah aset yang dalam keadaan rusak dan tidak lagi memiliki kegunaan, seharusnya segera dihapuskan dari daftar aset yang dimiliki SKPD.

“Seharusnya, bagian perlengkapan dapat menertibkan administrasi terkait aset yang rusak dan tidak terpakai. Hal ini dilakukan untuk, mensinkronisasi antara kondisi dilapangan dan laporan yang diberikan,” sebutnya.

Tapi, sambung Hoyin, masih banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang belum memahaminya. Buktinya, masih banyak aset rusak yang tidak dihapus dari daftar.

“Seperti yang terjadi pada Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang yang belum menghapus daftar kendaraan yang sudah rusak. Apa yang dilakukan DKK tersebut dapat terjadi tumpang tindih dan kekeliruan yang dapat menyebabkan permasalahan nantinya. Karena itu, kami berharap dinas terkait segera mengurusnya,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Palembang, Mulyadi mengatakan, aset-aset milik Pemkot sudah seharusnya didata secara akurat. Hal ini penting untuk pelaporan keuangan yang harus mencantumkan aset-aset.

“Kami pikir harus tertib administrasilah, jangan sampai keliru,” cetusnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster