Bupati Ogan Ilir Tebar Ribuan Bibit Ikan

 573 total views,  2 views today

pelepasan 20ribu bibit ikan oleh Bupati OI, di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT), Tanjung Senai, Indralaya, | DOK KS

pelepasan 20ribu bibit ikan oleh Bupati OI, di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT), Tanjung Senai, Indralaya, | DOK KS

  • Konsumi Ikan Capai 1500 Ton Perbulan
  • Ogan Ilir Suplus Ikan

INDRALAYA – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan), Kabupaten Ogan Ilir (OI), mencatat, konsumsi ikan setiap bulannya mencapai 1500 ton perbulan atau 170ribu ton pertahun.

Hal itu mengindikasikan, hampir 70 persen masyarakat Ogan Ilir setiap harinya mengkonsumsi ikan khusunya ikan hasil budidaya seperti Ikan Patin, Ikan Nila dan sebagainya.

Kadisnakan OI, Tarmuji, disela-sela pelepasan 20ribu bibit ikan oleh Bupati OI, di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT), Tanjung Senai, Indralaya, dalam rangka Hari Nusantara ke 53 mengatakan, konsumsi Ikan di Ogan Ilir cukup tinggi dari tahun ke tahun.

Menurutnya, kebiasaan makan ikan sejak kecil serta banyaknya rumah makan dengan menu utama ikan.
“Ya, kita lihat saja, di pinggir jalan, di desa banyak rumah makan menu utama ikan seperti pindang. Selain itu, warga sudah terbiasa makan ikan sejak kecil,” paparnya.

Tarmuji menambahkan, selain dengan konsumsi tinggi, Ogan Ilir juga merupakan daerah yang suplus ikan. Bahkan, ikan-ikan hasil budidaya peternak Ogan Ilir dikirim ke berbagai daerah di Sumatera Selatan (Sumsel).
“Alhamdulillah, kita juga suplus ikan untuk budidaya. Makanya para pembudidaya ikan kerap mengirim ikannya ke daerah lain. Tapi untuk ikan laut, Ogan Ilir mendapat kiriman juga,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Perikanan Rokayah, menambahkan, untuk wilayah-wilayah sentar peternak ikan seperti di Pemulutan, Indralaya.

“Kita banyak yang budidaya ikan, seperti di Pemulutan, Indralaya dan beberapa daerah lain. Selain ikan budidaya, ada juga ikan tangkap seperti toman, gabus, baung, sepat dan lain-lain,” singkatnya.

Sementara itu, pada Hari Nusantara di Ogan Ilir, Bupati OI, H. Mawardi Yahya didampingi, Ketua Tim Penggerak PKK OI, Hj Fauziah Mawardi menebar ribuan bibit berbagai jenis ikan di area KPT Tanjung Senai.

Selain itu juga disusul oleh Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat serta dan disaksikan pejabat di lingkungan Pemkab OI. Selain itu, dalam rangkaian kegiatan Hari Nusantara juga dilakukan lomba masak berbahan dasar ikan.
Teks     : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster