Banjir Ratusan Pencaker di Job Fair

 193 total views,  2 views today

PALEMBANG – Ratusan pencari kerja (Pencaker) di Metropolis, Rabu (26/11) membanjiri kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang. Ajang mencari kerja atau job fair yang di gelar di halaman kantor Disnaker tersebut tidak disia-siakan para Pencaker. Mulai sekedar melihat-lihat maupun memasukkan lamaran pekerjaan di sejumlah perusahaan yang bergabung dalam job fair tersebut.

Misalnya, Rizky Cahyo (25), ia mengatakan, sengaja datang ke Job fair, ia mengaku dapat informasi dari temannya. Namun, ia masih mempelajari jenis pekerjaan yang ditawarkan.

“Tadi baru masukin lamaran di Tiki sebagai tenaga akuntansi. Namun, masih nunggu dulu kabar lanjutan dari perusahaan,”ujarnya, saat dibincangi di lokasi Job Fair, Rabu (26/11).

Kata pria lulusan Universitas Sriwijaya tahun 2014 ini, tawaran pekerjaan yang ada di job fair tersebut cukup beragam. Mulai dari tenaga sales, supervisor, bank dan lainnya.

“Cukup banyak lokernya. Saya bawa lamaran 20. Mudah-mudahan ada yang masuk,” harapnya.

Pencaker lainnya, Solihin mengatakan, ia datang ke job fair tersebut hanya untuk melihat jenis pekerjaan yang ditawarkanm perusahaan.

“Kan job fair ini diadakan sampai besok (hari ini). Kalau ada yang pas di hati besok (hari ini) bisa datang lagi,” katanya.

Kepala Disnaker Palembang, Gunawan mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan 43 perusahaan di Palembang. Dengan formasi yang beragam dan diharapkan akan semakin banyak tenaga kerja yang bisa ditampung perusahaan.

“Acara ini diadakan bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di kota Palembang,” katanya.

Gunawan mengaku, jumlah angkatan kerja terus bertambah sehingga dibutuhkan gelaran job fair tersebut.

“Pada 2013, jumlah pengangguran dari angkatan kerja masih mencapai 9,1 persen. Untuk itu kami mengambil langkah dengan menyelenggarakan kegiatan job fair setahun dua kali,” akunya.

Gunawan menambahkan, dalam gelaran job fair kali ini, minat Pencaker cenderung ke sektor industri keuangan dan jasa perdagangan. Beberapa perusahaan tersebut seperti Perbankan dan Distributor makanan dan minuman.

“Beberapa yang paling banyak diminati adalah, Bank Mandiri Syariah, dan PT Indomarco,” tukasnya.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster